KSAU Wanti-wanti Perang Modern Semakin Kompleks, Libatkan Senjata Otonom dan Teknologi Kuantum

JAKARTA, virprom.com – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Mohamed Tony Harjono mengenang peperangan modern yang semakin kompleks seiring meningkatnya dinamika geopolitik global dan percepatan perkembangan teknologi.

Hal itu diungkapkan Tony dalam sambutannya pada Perayaan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-77 di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) Kawasan Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (29/7/2024).

Kompleksitas tantangan peperangan modern semakin meningkat akibat dinamika geopolitik global dan semakin pesatnya perkembangan teknologi disruptif, kata Tony, terlihat di YouTube Airman TV Layanan Informasi TNI AU (Dispano), Senin.

Peperangan modern juga disertai dengan pengembangan sistem senjata otomatis yang mematikan, atau senjata otonom, dan penggunaan teknologi kuantum, kata Tony.

Baca Juga: 25 Ucapan dan Sejarah Singkat Hari Bakti TNI AU 2024

“Sistem senjata otonom yang mematikan dan penggunaan teknologi kuantum untuk pertahanan, serta ancaman non-konvensional, meskipun tidak menggunakan senjata, berdampak signifikan terhadap stabilitas negara,” kata Tony.

Oleh karena itu, peperangan modern menuntut TNI AU untuk terus beradaptasi melalui perkembangan kemampuan dan profesionalisme.

Tony dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa TNI AU sedang melakukan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Baca Juga: Angkatan Darat Prancis Berbagi Pengetahuan Operasional Pesawat Tempur Rafale dengan TNI AU

TNI AU akan terus fokus pada modernisasi alutsista dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan dukungan pemerintah, kata Tony.

Memperingati hari bakti tersebut, Tony mengajak para prajurit untuk meneladani patriotisme para pendahulu TNI AU.

“Sesungguhnya sebagai Penerbang generasi penerus, kita harus bisa mengambil hikmah di momen hari pengabdian ini untuk meneladani rasa cinta tanah air dan rela berkorban para nenek moyang kita,” kata KSAU. Dengarkan berita terkini dan berita kami pilih langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top