Masih Punya Basis Pemilih, PDI-P Diyakini Bisa Imbangi KIM Plus pada Pilkada Jateng

JAKARTA, virprom.com – PDI-P diyakini mampu mengimbangi partai Koalisi Indonesia Perluasan (KIM) Plus pada Pilkada 2024 di Jawa Tengah (Jateng).

Hal ini tidak lepas dari kebijakan PDI Perjuangan yang mengusung calon gubernur dan wakil gubernur dari kalangan partai.

Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengungkapkan, PDI Perjuangan masih menganggap Jawa Tengah sebagai “banteng”.

PDI Perjuangan kemudian memanfaatkan hal tersebut dengan mencalonkan tokoh Andika Perkasa dan Hendrar, keduanya pendukung partai.

Jadi Megawati memperhitungkannya dengan baik. Ia yakin PDI Perjuangan masih kuat di Jawa Tengah. “Kita tahu, pada pemilu legislatif lalu, PDI Perjuangan masih unggul meski kalah calon di pemilu presiden,” kata Ujang saat dikonfirmasi, Jumat 30/8/2024.

Baca Juga: Pilkada Jateng 2024, Ini Peruntungan Andika Perkasa Vs Ahmad Lutfi

Menurut Ujang, PDI Perjuangan dinilai sudah cukup bekal dengan mengusung Andika-Hendrar Prihadi untuk bersaing di posisi teratas bersama Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen yang diusung KIM.

Jadi minimal ada dana agar kelompok pendukung bisa memilih Andika-Hendrar Prihadi karena mereka kader, kata Ujang.

Meski demikian, Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Praitno mengatakan, naiknya Andika tak lepas dari latar belakangnya sebagai mantan Panglima TNI.

Tindakan tersebut diyakini membuat Andika bisa menjadi lawan tandingan Ahmad Lutfi yang merupakan mantan Kapolda Jawa Tengah.

“Andika dinilai layak. Jadi ini urusan semua jenderal bintang. “Itu terjadi begitu saja,” kata Addy.

Baca Juga: PDI-P Usung Andika Perkasa karena Utamakan Bullpen

Meski demikian, kata Adi, PDI Perjuangan tetap perlu mendorong calonnya untuk bekerja keras merayu masyarakat.

Pasalnya mayoritas pemilih di Jateng kini juga mengetahui nomor Ahmad Lutfi dan Taj Yasin.

“Secara umum, mayoritas pemilih di Jateng saat ini adalah mereka yang bukan berlatar belakang polisi, TNI, atau ASN, melainkan masyarakat umum. “Jadi kunci kemenangannya adalah sejauh mana kita bisa meyakinkan pemilih secara keseluruhan,” tutupnya.

Sekadar informasi, akan ada dua pasangan calon (paslon) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024.

Pertama adalah Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah oleh PDI Perjuangan.

Pasangan ini akan bertanding melawan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen yang didukung KIM plus.

Total ada sembilan parpol pengusung pasangan Ahmad Lutfi-Taj Yasin yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, PAN, PKB, PSI, Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top