Prabowo Bertemu Putin meski Belum Dilantik Presiden, Pakar: Menunjukkan Rusia Ingin Sekali Kerja Sama dengan RI

JAKARTA, virprom.com – Profesor Hikmahanto Juwana dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia menilai pertemuan Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, sebagai tanda berlanjutnya kerja sama keduanya. negara.

Menurut Zhuvana, penerimaan Putin terhadap Prabovo tidak bisa dianggap biasa saja, sebab posisi Prabovo dan Putin saat ini berbeda.

Prabovo hanyalah Menteri Pertahanan, dan Putin adalah Presiden Rusia.

“Karena Pak Prabowo belum jadi presiden, dia terpilih sebagai presiden, sebenarnya statusnya Menteri Pertahanan, tapi Putin menerimanya,” kata Juwana kepada virprom.com melalui telepon, Kamis (1/8/2024).

“Ini menunjukkan bahwa Rusia sangat ingin bekerja sama dengan Indonesia dan Presiden Putin langsung menerimanya, bahkan sudah berbicara dengan Pak Prabowo,” ujarnya.

Baca juga: Janji Prabowo ke Putin dan Tawaran Kerja Sama

Hal kedua yang dibacakan Juwana dalam pertemuan tersebut adalah inisiatif Prabowo sebelum resmi menjabat sebagai Presiden RI.

“Saya melihat ini sebagai inisiatif Prabowo untuk memastikan hubungan kita dengan Rusia dan beberapa negara kunjungan akan terus berlanjut dengan baik setelah pelantikan,” ujarnya.

Apa yang dilakukan Prabovo sungguh tidak biasa.

Selain itu, menurut Juwana, kunjungan kenegaraan dan pertemuan dengan kepala negara biasanya dilakukan presiden setelah pelantikan.

Namun ini merupakan inisiatif awal untuk meyakinkan para mitra bahwa Indonesia akan terus bekerja sama. Mungkin juga untuk memastikan bahwa apa yang dilakukan Pak Jokowi saat ini akan dilanjutkan oleh Pak Prabowo, tambahnya.

Baca juga: Putin ke Prabovo: Indonesia dan Rusia Sudah Bersahabat Puluhan Tahun

Sebelumnya, Prabowo mengunjungi Putin di Moskow pada 31 Agustus 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Prabovo mengucapkan selamat kepada Putin atas terpilihnya kembali dirinya sebagai Presiden Rusia.

Beberapa hal juga sempat disinggung oleh Prabowo, mulai dari usulan kerja sama di bidang energi, pendidikan, dan pariwisata. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top