Bagaimana Ciri-ciri Orang Terkena Kolesterol? Ini 11 Daftarnya

virprom.com – Kolesterol yang tidak terkontrol bisa memicu penyakit jantung. Lantas, apa saja ciri-ciri orang terkena kolesterol?

Gejala kolesterol tinggi antara lain gelisah, nyeri bahu, dan nyeri dada. Kolesterol tinggi juga menyebabkan benjolan kecil di kulit yang disebut xanthomas.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana perasaan Anda saat mengidap kolesterol, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Apakah Kolesterol Tinggi di Angka 225? Begini penjelasannya… Apa ciri-ciri orang terkena kolesterol?

Kolesterol tinggi belum tentu menimbulkan gejala. Beberapa keluhan kolesterol juga mirip dengan gangguan kesehatan. Itu sebabnya penderita kolesterol sering kali terlambat mengetahui kondisinya.

Dilansir Yankes Institute of Health, gejala kolesterol tinggi biasanya baru dirasakan ketika pembuluh darah atau plak sudah terbentuk di arteri, yang akhirnya menimbulkan banyak masalah serius.

Berikut ciri-ciri orang terkena kolesterol yang patut anda ketahui : Mudah tidur : sering mengantuk, terlihat pada pernafasan, menandakan berkurangnya aliran oksigen ke otak akibat kelebihan kolesterol. Sering kesemutan di kaki, lengan atau bagian tubuh lainnya: hal ini karena beberapa arteri tidak menerima darah yang baik, akibat plak kolesterol. Kram: ini dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, mulai dari tungkai, pergelangan kaki, dan tempat lainnya. Nyeri pada bahu atau tengkuk: terjadi akibat tersumbatnya pembuluh darah sehingga aliran darah ke kaki terganggu. Bintik kuning di sekitar tepi mata : disebabkan oleh kolesterol di kulit (xanthelasma). Ruam pada tubuh: Jika xanthelasma atau kolesterol dapat mengendap di lipatan tubuh, seperti pergelangan kaki, pergelangan kaki, dan lutut, penderita akan mengalami ruam kecil. Hati berlemak: suatu kondisi di mana hati dipenuhi lemak berlebih. Hati berlemak menimbulkan keluhan, seperti kembung dan mual. Jika tidak diobati, perlemakan hati dapat meningkatkan risiko terkena penyakit hati dan kanker hati. Nyeri dada: Plak kolesterol menumpuk di arteri menyebabkan jantung tidak mendapatkan cukup darah. Oleh karena itu, seseorang mengalami nyeri dada atau sesak napas. Stroke: Kolesterol tinggi menyebabkan arteri di otak menutup karena kekurangan oksigen dan aliran darah. Hal ini bisa disebabkan oleh kelemahan pada salah satu sisi tubuh, muntah-muntah, dan sakit kepala. Xanthoma: Benjolan kecil (papula) sering muncul pada persendian, terutama pada lutut dan siku. Kesulitan ereksi: Pria dengan kolesterol tinggi berisiko mengalami disfungsi ereksi sehingga menurunkan kualitas kehidupan seksualnya.

Bagi penderita gejala kolesterol, disarankan untuk memeriksakan diri ke puskesmas dan berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Apa Penyebab Kolesterol Tinggi? Berikut daftar 10…

  Apa penyebab kolesterol tinggi?

Dilansir Verywell Health, beberapa faktor berikut dapat meningkatkan kolesterol: Gaya hidup yang kurang gerak, pola makan tinggi lemak jenuh dan asam lemak trans Genetika atau riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi Obesitas atau merokok berlebihan dapat memicu terjadinya diabetes.

Risiko kolesterol tinggi juga meningkat seiring bertambahnya usia akibat perubahan metabolisme.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin sebagai salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh semua orang, baik yang pernah mengalami gejala kolesterol maupun tidak. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih konten yang Anda suka untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top