Ricoh PHK 2.000 Karyawan di Tengah Turunnya Permintaan Printer Kantoran

virprom.com – Ricoh, pengecer industri peralatan kantor asal Jepang, mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 2.000 karyawan di seluruh dunia sebagai bagian dari rencana restrukturisasi.

PHK tersebut mewakili sekitar 3 persen dari 79.544 karyawan karena berkurangnya permintaan akan printer kantor. Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini memfokuskan kembali bisnisnya pada layanan transformasi digital untuk perusahaan pihak ketiga.

Proses redundansi di Ricoh akan selesai pada akhir tahun anggaran Maret 2025. Ricoh akan menawarkan paket pensiun dini kepada sekitar 1.000 karyawan di Jepang.

Upaya restrukturisasi ini diperkirakan menelan biaya 16 miliar yen (sekitar Rp 1,69 triliun), namun keuntungan tahunannya sekitar 9 miliar yen (sekitar Rp 951 miliar), lapor KompasTekno dari Nikkei.com, Senin (23/9/2024). ) meningkat pada tahun anggaran berikutnya.

Baca Juga: Akankah Ricoh Menghentikan Bisnis Kamera Pentax?

Ricoh tidak sepenuhnya meninggalkan bisnis percetakan, meski mempermudah bisnis peralatan kantor. Perusahaan mengumumkan pada Juli lalu bahwa mereka telah membentuk usaha patungan dengan Toshiba Tec Corporation bernama Etria.

Sekitar 8.400 karyawan pindah ke Etria, yang akan fokus pada pengembangan dan pembuatan printer kantor baru.

PHK yang dilakukan Ricoh tidak akan berdampak pada Etria, sehingga perusahaan patungan tersebut dapat terus fokus pada inovasi di sektor percetakan. Langkah strategis ini menggarisbawahi tekad Ricoh untuk mempertahankan kehadirannya di pasar bahkan ketika perusahaan tersebut melakukan perampingan operasi tradisionalnya.

Baca juga: HP Resmi Akuisisi Bisnis Printer Samsung Senilai Rp 13,8 Triliun

Seiring dengan restrukturisasi, Ricoh mengalihkan fokusnya ke transformasi pasar digital. Perusahaan ini bertujuan untuk membantu bisnis mendigitalkan fungsi-fungsi penting kantor, seperti manajemen faktur dan pengiriman faktur, di dunia yang semakin tidak menggunakan kertas.

Kecerdasan buatan (AI) adalah bidang lain yang sedang dijajaki Ricoh sebagai bagian dari strategi masa depannya.

Perusahaan berinvestasi dalam analisis data berdasarkan kecerdasan buatan dan algoritma canggih, yang bertujuan untuk menjadi yang terdepan dalam tren teknologi yang mendukung operasional kantor digital. Dengarkan berita terkini dan berita kami pilih langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top