Jelang HUT RI, Menkominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi di IKN Siap

JAKARTA, virprom.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur sudah siap beberapa hari menjelang Hari Kemerdekaan.

Budi menambahkan, nantinya masyarakat Kaltim dan daerah lainnya bisa menyaksikan siaran langsung upacara peringatan HUT RI ke-79.

“Kami pastikan jaringan telekomunikasi di IKN sudah siap menjelang upacara HUT RI,” kata Budi dalam keterangan resmi yang diterima virprom.com, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga: Nama IKN Bebas Polusi, Zulhas: Kalau di Jakarta, Bau Timbal Bisa Terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Usman mengatakan, jaringan telekomunikasi di IKN didukung oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telkom melalui anak usahanya, Telkomsel.

Penyedia jasa telah menyelesaikan peresmian infrastruktur di ibu kota baru.

Telkomsel juga telah menguji konektivitas yang baik dengan pasokan seluler, serat optik, dan listrik.

Ketersediaan jaringan telekomunikasi yang memadai sesuai dengan konsep smart city IKN menuju smart, green and Sustainable City yang diusung Presiden Joko Widodo, kata Budi.

Selain Telkomsel, kata Budi, operator seluler lain menyediakan layanan dengan menggunakan infrastruktur sementara.

Baca Juga: 18 Calon Paskibraka Putri Diumumkan Saat Pelantikan di IKN, BPIP Didesak Penjelasannya.

Layanan yang diberikan meliputi mobile base transceiver station (BTS) dan serat optik udara.

Melayani beberapa lokasi proyek sepanjang masa pembangunan dan acara tertentu, misalnya upacara HUT RI pada 17 Agustus, kata Budi.

Pemerintah telah membuat upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

Upacara nasional tersebut disebut menelan biaya Rp 87 miliar, meningkat 64 persen dibandingkan pelaksanaan HUT RI tahun 2023 di Sukabumi yang menelan biaya Rp 53 miliar.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengakui biaya penyelenggaraan upacara kemerdekaan RI tahun ini bertambah karena digelar di dua tempat sekaligus, yakni Jakarta dan IKN, Kalimantan Timur.

“Karena upacaranya sekarang dilaksanakan di dua tempat, tentu anggarannya lebih besar dari sebelumnya,” kata Pratikno di Kantor DPRD Kota Sukabumi, Selasa (6/8/2024). Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top