4 Pemimpin ISIS Tewas dalam Serangan di Irak Bulan Lalu

Washington DC, virprom.com – Empat pemimpin kelompok ISIS tewas dalam serangan gabungan AS-Irak bulan lalu, kata Komando Pusat AS (CENTCOM).

CENTCOM menyampaikan Jumat (13/9/2024) pukul X tentang penyerangan 29 Agustus 2024.

“Operasi ini menargetkan para pemimpin ISIS dan dimaksudkan untuk mengganggu dan melemahkan kemampuan ISIS dalam merencanakan, mengatur, dan melakukan serangan terhadap warga sipil Irak,” kata CENTCOM.

Baca Juga: Presiden Iran ke Irak, Ini Tujuannya

14 anggota ISIS yang terbunuh merupakan revisi dari 15 orang yang diberitakan sebelumnya. Lima tentara Amerika terluka, dan dua lainnya terluka pada musim gugur.

Dikutip AFP, Sabtu (14/9/2024), keempat pemimpin yang tewas tersebut diidentifikasi sebagai Ahmad al-Itawi, pemimpin operasional kelompok ISIS di Irak.

Mereka termasuk Abu Hammam, yang mengawasi operasi di Irak barat, Abu Ali al-Tunisi, yang mengelola pengembangan teknis, dan Shakir al-Issawi, yang memimpin operasi militer kelompok tersebut di Irak barat.

“CENTCOM tetap berkomitmen untuk mengalahkan ISIS, yang terus menjadi ancaman bagi Amerika Serikat, sekutu dan mitra kami, serta stabilitas regional,” kata Jenderal Michael Eric Guerrilla dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini dilakukan di tengah pembicaraan yang sedang berlangsung antara Baghdad dan Washington mengenai kehadiran pasukan gabungan melawan kelompok jihad di Irak.

Amerika Serikat memiliki sekitar 2.500 tentara di Irak dan 900 di Suriah sebagai bagian dari koalisi internasional melawan ISIS.

CENTCOM sebelumnya melaporkan bahwa seorang anggota ISIS terbunuh dalam serangan di Suriah timur pada hari Rabu. Anggota tersebut diduga membawa alat peledak rakitan selama serangan tersebut.

Pasukan koalisi telah menjadi sasaran puluhan kali serangan drone dan roket di Irak dan Suriah.

Hal ini disebabkan oleh kekerasan terkait perang antara Israel dan Hamas di Gaza sejak awal Oktober yang menarik kelompok bersenjata di Timur Tengah.

Baca Juga: Serangan Rudal ke Pangkalan Irak, Beberapa Tentara AS Terluka

Musim dingin lalu, Perlawanan Islam Irak, sebuah koalisi kelompok yang didukung Iran, melancarkan sekitar 175 serangan roket dan drone terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah.

Sementara itu, pasukan AS telah melancarkan beberapa serangan balik terhadap unit kelompok bersenjata di kedua negara. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top