TNI AL Bangun 2 Kapal Patroli Cepat Baru, Ini Spesifikasinya

JAKARTA, virprom.com – TNI Angkatan Laut menambah kekuatan armadanya dengan membangun kapal patroli cepat (HK) 60M produksi dalam negeri.

Upacara pembaptisan dan commissioning dua kapal PC 60M dipimpin oleh Laksamana Muhammad Ali, Sekretaris Jenderal TNI AL (KSAL) pada Jumat (12/7/2024).

Pembangunan kapal komputer sepanjang 60 meter ini merupakan implementasi rencana prioritas membangun kekuatan untuk mencapai visi TNI AL 2045, kata Ali dalam siaran pers Dinas Penerangan TNI AL. Layanan (Dispenal), anna.

Baca Juga: Anggota TNI AU tembak bandit yang masuk ke kompleks tentara di Palu

Kedua kapal PC 60M tersebut kemudian diberi nama KRI Hampala-880 dan KRI Lumba-Lumba-881.

KRI Hampala-880 kemudian diperkenalkan ke Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III XI Merauke Komando Armada (Koarmada).

Selanjutnya KRI Lumba-Lumba-881 akan ditempatkan di Satrol Lantamal XIII Tarakan yang dipimpin oleh Koarmada II.

Pengerahan ini didasarkan pada situasi darurat di wilayah tersebut, terutama meningkatnya kejahatan maritim secara tiba-tiba.

Baca Juga: TNI janji selidiki dugaan anggota AD bakar Tribrata TV

KRI Hampala dan KRI Lumba-Lumba mempunyai spesifikasi teknis yaitu panjang 61,20 meter, lebar 8,50 meter, lebar 2,20 meter, kecepatan maksimum 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan MTU 20 V 4000 M 73 L (2050 RPM/ 2) Gunakan mesin gunung. . 3600 KW).

Kapal PC 60 M ini memiliki beberapa keunggulan yaitu 1 unit meriam Marlin Ilos kaliber 40 mm dan meriam PT Pindad kaliber 12,7 mm serta mampu beroperasi di berbagai medan dan kondisi cuaca. .

Dengan kecepatan tertinggi 24 knot dan kemampuan manuver, kapal ini dapat melakukan berbagai misi operasional termasuk penegakan hukum maritim, infiltrasi, eksfiltrasi, dan misi pencarian dan penyelamatan (SAR). Dengarkan berita dan pembaruan terkini langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top