Pansel KPK Sebut Tes Wawancara Seleksi Capim KPK Ketat dan Krusial

JAKARTA, virprom.com – Ketua Panitia Seleksi (Panel) Calon Pimpinan (CAPIM) dan Dewan Pengawas KPK masa jabatan 2024-2029, Muhammad Yusuf Ateh mengungkapkan, proses seleksi wawancara para calon dilakukan secara ketat.

Menurut Ateh, menjelang tahap akhir, kualitas peserta diuji lebih serius dan kritis.

Berat, sepertinya mulai mengencang, kata Ateh saat diwawancara di Jakarta, Rabu (18/09/2024).

Baca Juga: Mekanisme Penyaringan Calon KPK dari 20 hingga 5 Nama Terpilih

Pakar Hukum Universitas Andalas Profesor Elwi Danil mengatakan calon yang lolos tahap wawancara merupakan calon terbaik yang ada.

Namun seleksinya harus dilakukan secara ketat untuk memilih yang paling layak.

“Mereka adalah orang-orang terbaik yang ada. Tapi kita tidak bisa memilih semuanya, harus disaring dengan kriteria yang berbeda-beda,” kata Elwi. Catatan Klarifikasi Penekanan PPATK

Saat ditanya mengenai catatan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) aliran dana dari beberapa calon, Ateh menjelaskan, hal tersebut sudah diklarifikasi.

“Catatannya sudah diperjelas. Kami pastikan setiap informasi yang masuk ditindaklanjuti dengan serius,” tambah Ateh. Penilaian Kualitas Jawaban Kandidat

Terkait kualitas jawaban para calon, Ateh menjelaskan, panitia menilai berbagai aspek, termasuk cara mereka menjelaskan pandangan dan komitmennya.

Ada orang yang bisa menjelaskan sesuatu yang rumit secara sederhana, dan itu menunjukkan karakternya. Bukan hanya benar atau salah, tapi bagaimana cara mereka mengutarakan pendapatnya, kata Ateh. Tahap seleksi dianggap sebagai tahap yang paling penting

Tahap seleksi dari 20 calon menjadi 10 calon yang akan diajukan ke Presiden Joko Widodo dinilai menjadi bagian terpenting sebelum akhirnya DPR memilihnya.

“Itu memang yang paling penting. Bagaimana memastikan mereka bisa menunaikan tugasnya sesuai amanah yang diberikan,” kata Eloy.

Baca Juga: Pimpinan KPK Ungkap Alasan Tes Wawancara Tidak Disiarkan

Ateh juga optimis proses seleksi calon KPK akan berjalan maksimal dan memenuhi seluruh kriteria panitia nominasi KPK.

Nanti pada 27-28 September kita akan melakukan pemungutan suara untuk menentukan nama-nama yang akan diajukan. Tentu kita berbeda pendapat, tapi semuanya akan diputuskan bersama, ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita terhangat di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top