Modifikasi Honda Steed 600 ala Frontwheel Motorcycle

 

BOGOR, virprom.com – Sepeda motor penjelajah Jepang yakni Honda Steed atau Shadow berubah bentuk dari Bengkel Frontwheel Motor di Bogor. Gayanya cukup unik, perpaduan berbagai gaya menjadi ciri khasnya.

Chandra Gunawan, pendiri Frontwheel Motorcycle, mengatakan desain keseluruhannya diambil dari sepeda motor Indian Scout keluaran tahun 1949, namun berbagai komponen diubah menyesuaikan gayanya sendiri.

Baca Juga: Ada Konser Bruno Mars, Transjakarta Tambah Jam Pelayanan di Dua Rute

“Pada dasarnya ini (Steed) bukan cruiser, tapi bobber, jadi sebenarnya gaya FW (sepeda roda depan). Tangkinya terinspirasi model Indian Scout, beda bebek, gaya bobber Jepang, Stang. Ini low track versi datar,” kata Chandra kepada virprom.com, Selasa (10/9/2024).

Menurut Chandra, sepeda motor tersebut sudah lama teronggok di garasi bengkel. Kondisinya jauh dari sempurna, meski hanya diambil rangka dan mesinnya saja.

 Baca juga: Jangan Ganti CVT Sebelum Masa Garansi Habis, Berisiko

Namun bukan hal mudah, butuh waktu paling lama untuk menyegarkan sektor motor. Mengingat usia sepeda motor sudah cukup tua, maka sulit mencari suku cadang.

“Kalau ada, dipakai juga, tidak ada penggantinya. Trik terbesarnya seperti paking, semuanya bisa. Untuk piston masih ada penggantinya, sama dengan Macan,” kata Chandra.

 

Untuk sepeda motor artinya Kuda Hitam atau Black Horse. Sedangkan untuk rangka, tidak banyak yang berubah, karena basisnya adalah sepeda motor penjelajah. Hanya bagian belakangnya yang dibuat lebih rapi.

Bagian kaki-kaki pun tak terpengaruh, pelek berukuran 16 inci yang dibalut ban ukuran 500 dipilih agar tongkrongan semakin berotot. Dan segi desainnya terlihat dari model tangki dengan grafis sayap seperti logo Honda.

Baca Juga: Rumornya Honda Ingin Luncurkan PCX 160 dengan Tampilan Forza

 

Bentuk tangki ini diambil dari Indian Scout, hanya saja ukurannya dikurangi delapan liter. Jadi dari sisi mesin lebih terekspos dibandingkan tangki, kata Chandra.

Lalu, untuk spatbor belakang dibuat model ducktail ala bobber Jepang. Unitnya tersembunyi di balik ekor lampu rem, sehingga terlihat bersih. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top