Jokowi Berharap Meninggalnya Presiden Iran Tak Pengaruhi Harga Minyak Dunia

PADANG, Kompass.com – Presiden Joko Widodo berharap meninggalnya Presiden Iran Ibrahim Raisi tidak berdampak pada perekonomian global dan harga minyak global.

Sebab, jika harga minyak terdampak, akan ada dampak lain dari sisi ekonomi.

“Kita berharap tidak ada dampak terhadap perekonomian dunia, khususnya terkait harga minyak, karena jika harga minyak naik maka krisis ini akan berdampak apa-apa,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers. Dilepaskan di Kamp Pengungsi Batu Taba, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (23/5/2024).

Baca Juga: Hasil penyelidikan pertama menunjukkan Presiden Iran tidak memiliki transponder.

Ia mengatakan, “Dengan adanya kenaikan harga barang dan barang lainnya, kami berharap tidak ada dampak seperti itu.”

Saat itu, Presiden Jokowi kembali berduka atas meninggalnya Presiden Ibrahim Raisi.

Ia mengatakan, “Pemerintah dan masyarakat Indonesia sangat berduka atas meninggalnya Presiden Raisi dalam kecelakaan helikopter. 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Iran Ibrahim Raisi meninggal pada Minggu dalam kecelakaan helikopter di gunung dekat perbatasan dengan Azerbaijan.

Pejabat setempat menyebutkan Ibrahim Raisi tewas saat ditemukannya puing-puing helikopter pada Senin (20/5/2024) pagi.

“Presiden Raisi, menteri luar negeri dan seluruh penumpang di dalam helikopter tewas dalam kecelakaan itu,” kata seorang pejabat senior Iran seperti dikutip Reuters, Senin (20/5/2024).

Baca juga: Pemakaman Presiden Iran Digelar Kamis 23 Mei, Ini Paradenya

Kabar meninggalnya Raisi kemudian dikonfirmasi Wakil Presiden Mohsen Mansoori melalui media sosial dan televisi pemerintah.

Ibrahim Raisi terlibat dalam kecelakaan helikopter Bell 212 bersama lima penumpang lainnya, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amirbadullahyan dan Gubernur Azerbaijan Timur Malak Rahmati.

Kecelakaan itu terjadi saat rombongan kembali ke Iran usai menghadiri acara bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Sementara itu, Presiden Ibrahim Raisi dan Presiden Jokowi pertama kali bertemu pada 23 Mei 2023 di Istana Kepresidenan Bogor.

Ini merupakan kunjungan pertama Ibrahim Raisi ke Indonesia.

Dengarkan berita terbaru langsung ke ponsel Anda dengan pilihan berita kami. Pilih berita favorit Anda untuk menerima Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top