Baru Terpilih Jadi Presiden Sri Lanka, Dissanayake Langsung Bubarkan Parlemen dan Serukan Pemilu Segera

Penulis: VOA Indonesia

COLOMBO, virprom.com – Presiden baru Sri Lanka Anura Kumara Dissanayake membubarkan Parlemen pada Selasa (24/9/2024) malam.

Dia juga menyerukan pemilihan umum dalam waktu kurang dari tiga minggu dalam upaya untuk mengkonsolidasikan kekuasaan setelah kemenangannya akhir pekan lalu.

Pengumuman pemerintah mengatakan Parlemen dibubarkan pada tengah malam pada hari Selasa, dan pemilihan parlemen ditetapkan pada 14 November.

Baca juga: Profil Anura Kumara Dissanayaka, Presiden Baru Sri Lanka

Langkah ini sudah diduga, seperti yang dijanjikan Disanayake selama kampanye pemilu.

Partai Dissanayake hanya memiliki tiga kursi di Parlemen yang beranggotakan 225 orang dan pemilihan umum yang lebih awal dapat membantunya mengendalikan majelis tersebut karena peringkat dukungan terhadap dirinya tetap kuat setelah kemenangannya dalam pemungutan suara pada hari Sabtu.

Pembatalan tersebut terjadi hanya beberapa jam setelah Dissanayake melantik seorang perwakilan perempuan dari koalisinya sebagai perdana menteri, menjadikannya perempuan pertama di negara itu yang memimpin pemerintahan dalam 24 tahun.

Harini Amarasuriya, 54, seorang dosen dan aktivis universitas, memiliki latar belakang yang sama dengan Dissanayake dan keduanya adalah anggota koalisi Kekuatan Rakyat Nasional yang berhaluan Marxis, yang masih menjadi oposisi di Parlemen.

Kemenangannya dalam pemilu hari Sabtu atas mantan Presiden Ranil Wickremesinghe dan pemimpin oposisi Sajith Premadasa terjadi ketika rakyat Sri Lanka menolak politisi lama yang mereka tuduh telah mendorong negara itu ke dalam krisis ekonomi terburuk sejak itu.

Baca Juga: Cara Kerja Monarki dalam Politik Sri Lanka, Keluarga Rajapaksa Ingin Kembali Berkuasa…

Wanita terakhir yang menjabat sebagai perdana menteri, posisi terkuat kedua setelah presiden, adalah Sirimavo Bandaranaike.

Ia juga menjadi kepala pemerintahan perempuan pertama ketika menjabat pada tahun 1960, dan menjabat tiga periode hingga tahun 2000.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top