Jokowi Ajak Pimpinan Lembaga Negara Keliling IKN, Ada Cak Imin dan Hatta Rajasa

JAKARTA, Kompass.com – Presiden Joko Widodo mengundang pimpinan lembaga negara mengunjungi beberapa infrastruktur penting di Ibu Kota Negara (IKN).

Momen tersebut terjadi pada Sabtu (17/8/2024) menjelang Perayaan HUT RI ke-79 di IKN.

Pejabat yang diundang mengunjungi IKN antara lain Wakil Ketua DRP Muhmin Iskandar atau Kak Amin dan Ketua DPD RI La Nyala Mataliti Rachmat Gobel serta Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Yandri Susanto dan Sharif Hassan.

Wakil Ketua Komisi Yudisial Siti Noorjana turut hadir.

Menariknya, kelompok tersebut termasuk Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Hata Rajasa, yang tidak lagi menjabat sebagai kepala lembaga negara mana pun.

Baca juga: Saat Joko Turun Tangan untuk Menyerahkan Bendera Merah Putih pada Upacara HUT RI di IKN…

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu (17/8/2024), tur dimulai di Aksi Nasional, pusat simbolis kebhinekaan dan persatuan Indonesia.

Presiden dan rombongan kemudian berangkat menuju Istana Garuda menggunakan mobil golf.

Istana Garuda yang baru selesai dibangun menampilkan perpaduan arsitektur modern dengan kehalusan tradisional, yang mencerminkan identitas nasional yang kuat.

Setelah itu, tim melanjutkan perjalanan ke lobi Presiden sebelum melanjutkan ke sidang Kabinet.

Dalam ruangan tersebut, Jokowi menjelaskan pentingnya fasilitas tersebut bagi kelangsungan pemerintahan di masa depan

Baca juga: Warga Tak Diundang Hadiri Upacara di IKN 17 Agustus, Bangga dan Mengharukan.

Selanjutnya rombongan dibawa ke area Viewing Deck, sebuah platform di Istana Garuda yang menyuguhkan pemandangan spektakuler seluruh area IKN.

Di sana, para pimpinan lembaga negara berkesempatan berfoto bersama.

Perjalanan dilanjutkan menaiki eskalator menuju Istana Negara, dimana momen tersebut diabadikan kembali di Tangga Istana Negara, salah satu ikon baru ibu kota Indonesia.

Wakil Ketua Komisi Yudisial Siti Noorjana mengaku kaget dengan perkembangan ini. Ia pun menceritakan kunjungannya ke Mbong beberapa bulan lalu.

“Tadi pagi saya bangun siap jalan-jalan bersama Presiden dan menurut saya pembangunannya bagus, bagus, jadi selamat untuk bangsa Indonesia atas keberhasilannya,” kata Sita.

Baca Juga: Tamu Dapat Kado IKN di Perayaan HUT RI, Apa Isinya?

Sementara itu, Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hata Rajasa mengucapkan terima kasih atas undangan Presiden untuk mengunjungi Raj Mahal dan Istana Garuda.

Lebih lanjut Hata menegaskan, berdirinya IKN merupakan simbol kemajuan peradaban, pemerataan pembangunan, dan persatuan negara.

Tentu kita berharap tidak hanya menunjukkan kemiripan dengan istana ini dan ibu kota Indonesia bagian timur, tapi juga mempersatukan negara, kata Hutt. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top