Menangani Trauma Psikologis Pasca-Kecelakaan Lalu Lintas

JAKARTA, virprom.com – Kecelakaan lalu lintas seringkali menimbulkan dampak yang lebih besar dibandingkan kerusakan fisik. Tak hanya korban yang terluka, dampak dari kejadian tersebut juga dirasakan oleh keluarga dan orang-orang disekitarnya.

Namun tidak semua kecelakaan menimbulkan masalah psikologis, meskipun akibat yang ditimbulkannya seringkali memerlukan perhatian khusus.

Menurut Anna Surti Ariani, psikolog dari PacHealth, kecelakaan lalu lintas memang bisa menimbulkan trauma, namun tidak selalu menimbulkan trauma bagi semua orang.

Baca Juga: [POPULER OTOMOTIF] Segel Mobil Listrik BYD | Kebiasaan Baru yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil Hybrid | PO Sinar Jaya Buka Jalur Bus AKAP Mampang-Parangtritis

Anna mengatakan, Jumat (9/8/2024): “Kecelakaan biasanya menyakitkan, tapi tidak harus traumatis. Jadi tidak harus ditangani.”

Pertolongan pertama secara psikologis yang tepat sangat penting bagi kesembuhan fisik dan mental korban.

Anna selanjutnya menjelaskan pentingnya dukungan sejak dini. Kementerian Kesehatan saat ini sedang mengembangkan program khusus bernama P3LP (Pertolongan Pertama Pada Cedera Kepala). Program ini bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama psikologis (DPA) yang dibutuhkan segera setelah terjadinya kecelakaan.

Ia menjelaskan: “Biasanya setelah terjadi kecelakaan harus ada pertolongan pertama psikologis atau pertolongan pertama psikologis. Kementerian Kesehatan membuat program yang disebut P3LP”.

Anna juga menekankan pentingnya melihat kondisi para korban, baik fisik maupun mental.

“Kita harus melihat apa yang terjadi pada orang-orang yang mengalami kecelakaan. Bagaimana keadaan fisik mereka, bagaimana tindakan mereka dalam pikiran. Mereka terkejut atau bingung, atau sangat marah, atau tenang sepenuhnya. Dari sudut pandang ini, kita dapat mengetahui apa yang terjadi. apa? yang sangat dibutuhkan orang saat itu.”

Menangani perasaan korban merupakan langkah awal yang penting dalam proses penyembuhan.

Baca Juga: PO Taraline Luncurkan Central Bus Bus Wisata Terbaik

“Pertama kita perlu menenangkan perasaannya, menenangkannya, lalu mencari tahu siapa yang bisa mempercayainya untuk membantu,” pungkas Anna.

Dukungan psikologis yang benar dapat membantu korban melewati masa-masa sulit pasca kecelakaan, dan juga mencegah berkembangnya cedera serius di kemudian hari. Dengarkan berita terkini dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top