“Pager-pager” Meledak Bersamaan di Lebanon, 9 Orang Tewas, 2.800 Terluka

BEIRUT, virprom.com – Sekitar 2.800 orang terluka dan sembilan orang tewas dalam ledakan misterius ratusan pasukan terjun payung secara bersamaan di Lebanon pada Selasa (17/9/2024).

Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad mengatakan satu anak termasuk di antara sembilan orang yang tewas dalam ledakan tersebut, yang melukai sekitar 2.800 orang.

“Setidaknya 170 orang berada dalam kondisi kritis,” kata Al Jazeera.

Baca juga: Sejarah Panjang Perang Perbatasan Israel-Lebanon

Video yang diposting di media sosial dan kantor berita Lebanon menunjukkan ledakan dahsyat di berbagai lokasi.

Dalam rekaman CCTV, seorang pria terlihat sedang memetik buah di supermarket ketika ledakan menghancurkan dompetnya. Orang-orang berlarian di sekelilingnya ketika mereka mendengar ledakan tersebut.

Saat itu juga, pria tersebut terjatuh dan perut bagian bawahnya remuk. Beberapa detik kemudian, dia terdengar berteriak kesakitan.

Seperti dilansir CNN, video yang diposting di media sosial lain menunjukkan beberapa orang terluka, termasuk setidaknya satu anak.

Beberapa korban luka mengalami darah di wajah dan lengan serta luka lainnya di tubuh.

Peristiwa luar biasa ini terjadi di tengah meningkatnya konflik antara Hizbullah dan Israel. “Peretas”

Menurut pasukan keamanan dalam negeri Lebanon, gelombang pemboman pager telah melanda sebagian wilayah Lebanon, terutama di pinggiran selatan Beirut.

Media NNA yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa “penyadapan” terjadi di kota Ali Al-Nahri dan Riyaq di Lembah Beqaa di Lebanon tengah, melukai beberapa orang. Kedua wilayah tersebut merupakan basis Hizbullah.

Baca juga: Pertama Kalinya Israel Sebarkan Selebaran di Lebanon Selatan yang Minta Warganya Hengkang 

Para ahli berbagi dua teori yang bersaing tentang bagaimana ratusan pager beroperasi pada waktu yang sama.

Salah satu teorinya adalah adanya pelanggaran keamanan siber yang menyebabkan baterai litium pager menjadi terlalu panas dan meledak.

Konsep lainnya adalah “serangan rantai pasokan” di mana pager terhubung selama produksi dan transportasi.

Analis intelijen Badan Keamanan Nasional AS David Kennedy mengatakan kepada CNN bahwa ledakan yang terlihat dalam video, yang diposting online, tampaknya merupakan gangguan langsung dan jarak jauh yang terlalu besar untuk meningkatkan pager dan mengaktifkan baterai litium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top