Mendagri Tito Pacu Pemda Lakukan Cara Kreatif Tingkatkan Kapasitas Fiskal

virprom.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah (Pemda) mengambil langkah kreatif untuk meningkatkan kekuatan finansial. Upaya tersebut diperlukan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat terus meningkat.

“Di sinilah harapan teman-teman kepala daerah, kita tidak hanya menjadi pengurus yang bijak, tapi menjadi pengusaha yang bijak, karena itu membutuhkan kreativitas dan inovasi,” kata Kementerian Dalam Negeri dalam siaran persnya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri Tito saat menjadi keynote speaker pada Seminar Internasional Desentralisasi Fiskal Tahun 2024 bertajuk “Improving Fiscal Decentralization: How to Promote Growth, Prosperity and Transformation” di Gedung Djuanda I, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta , pada Selasa (24/9/2024).

Mendagri menjelaskan, menurutnya, kekuatan penyelenggara keuangan daerah terbagi dalam tiga kategori, yaitu kuat, sedang, dan lemah.

Daerah dengan mata uang yang kuat dicirikan oleh PAD yang lebih tinggi dibandingkan dengan mata uang transfer perantara.

Baca juga: Mendagri Tito Ajak Semua Pihak Sukseskan Peparna XVII Solo 2024

Pada titik ini, kekuatan finansial di tengah, yakni antara PAD dan dana transfer tengah, cenderung seimbang. Pada titik ini, kekuatan keuangan lemah, yaitu ketika pemerintah daerah cenderung bergantung pada pendapatan dana transfer pusat.

Dalam kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri Tito mengimbau daerah-daerah yang kemampuan keuangannya lemah agar melakukan sejumlah strategi untuk memperkuat kemampuan keuangannya.

Strategi yang dibahas antara lain penganggaran dan belanja program yang lebih efisien serta peningkatan penggunaan teknologi digital.

Kemudian gunakan pikiran yang kreatif dan inovatif. Dalam konteks ini, perlu dibangun iklim kompetitif di kalangan pengelola daerah agar inovatif dalam memperluas PAD.

“Biarkan mereka (bupati) bersaing satu sama lain, apalagi menggunakan proses pilkada yang bisa dinilai oleh masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga: Tingkatkan Implementasi Program, Mendagri Tito Minta Jajaran BNPP Perkuat Koordinasi

Dalam acara tersebut, Mendagri Tito juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Drawati atas segala dukungannya dalam menjalankan perannya memimpin dan mengawasi pemerintahan daerah.

Menurut Menteri Dalam Negeri Tito, Sri Mulyani selama ini membantu Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) dalam menjalankan peran tersebut, terutama dari segi sumber daya keuangan.

“[Karena] kerja sama Bapak dan Mendagri selama ini, saya ucapkan terima kasih. Kita bisa menyemangati teman-teman [pemerintah daerah] dan mengucapkan selamat kepada mereka karena hari ini mereka sudah mendapat kompensasi,” tutupnya.

Sebagai informasi, pada acara tersebut Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Sri Mulyani secara simbolis menyerahkan sejumlah penghargaan kepada pemerintah desa dan pemerintah daerah.

Penghargaan tersebut berupa Insentif Desa Tahun Anggaran (TA) 2024 bagi Bidang Pengelolaan Keuangan Desa dan Operasional Pembangunan. Sejak diberikannya insentif perpajakan tahun anggaran 2024, tahun berjalan memberikan hasil percepatan belanja daerah. Dengarkan berita terpopuler dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top