Cara Menghadapi Pengendara Motor Ugal-Ugalan di Jalan Raya

JAKARTA, virprom.com – Dalam kondisi jalan raya yang padat, pengendara sepeda motor harus mewaspadai berbagai potensi bahaya, terutama dari pengendara sepeda motor yang tidak sabar atau lengah.

Agus Sani, Head of Driving Safety Promotion PT Wahana Makmur Sejati berpesan agar terhindar dari bahaya pengemudi yang tidak bertanggung jawab.

Menurut Agus Sani, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan tidak terpancing emosi.

Baca juga: Komunitas Penggemar GR Rayakan HUT Pertama

“Kalau ketemu pengemudi ugal-ugalan, kita harus menjauh dan menjaga jarak aman. Terlibat jauh lebih baik untuk keselamatan diri dibandingkan terlibat tawuran di jalanan,” ujarnya kepada Kompas, Selasa (10/9/2024).

Ia juga menekankan pentingnya jalan sebagai ruang publik yang harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab.

“Pastikan keselamatan tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lainnya. Jauhi pengemudi yang terlalu sombong atau melanggar peraturan lalu lintas karena peluang terjadinya kecelakaan akan semakin besar jika kita menghindari situasi yang tidak tepat,” kata Sani.

Selain itu, Agus Sani berpesan kepada pengendara untuk selalu menaati peraturan lalu lintas dan menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm dan jaket pelindung.

“Dengan menerapkan sikap yang baik di jalan, kita dapat mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan kolektif,” ujarnya.

Baca Juga: Hati-hati jangan sampai tertipu saat melakukan perbaikan

Hendaknya setiap pengemudi mempunyai kesadaran untuk disiplin dalam berlalu lintas dan berkendara dengan bijak dalam situasi apapun, terutama ketika menghadapi situasi yang tidak diinginkan di jalan raya, seperti kemacetan lalu lintas. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top