Gelar Halalbihalal, MUI Gaungkan Pesan Kemanusiaan untuk Korban Genosida di Gaza

virprom.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Halalbihalal Nasional 1445 H di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (5-7-2024).

Wakil Sekjen MUI Arif Fahrudin mengatakan, acara ini bukan hanya sekedar pertemuan tahunan, tapi juga menjadi momen penting bagi seluruh elemen tanah air untuk mempererat persatuan umat.

MUI meyakini kohesi sosial merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari kemajuan dan pembangunan Indonesia.

“Perilaku adalah modal terpenting untuk menyelesaikan banyak permasalahan agama,” kata Arif dalam siaran pers yang diterima virprom.com, Selasa.

Dengan adanya acara ini, lanjutnya, MUI ingin tetap menjaga silaturahmi dengan berbagai mitra yang bekerja sama dengan sektor publik. Hal ini diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan serta meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Dalam acara tersebut, MUI juga memberikan bantuan kemanusiaan senilai Rp9,3 miliar untuk Palestina dari masyarakat Indonesia melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Keseriusan proyek kemanusiaan MUI juga tercermin dalam Fatwa nomor 83 tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Perang Palestina pada November 2023.

Baca juga: OKI mengutuk genosida di Gaza dan mendesak Israel menjatuhkan sanksi

Dengan fatwa tersebut, MUI menganjurkan agar umat Islam sebisa mungkin menghindari transaksi penggunaan produk-produk yang berkaitan dengan Israel dan mendukung kolonialisme dan Zionisme.

MUI sendiri tidak memberikan daftar produk yang dianggap terkait dengan Israel. Oleh karena itu, pihaknya mengajak masyarakat, termasuk para peneliti dan akademisi, untuk secara mandiri mencari informasi guna mengetahui lebih jauh mengenai produk yang dimaksud.

Pada bulan Ramadhan 1445, MUI juga mengeluarkan perintah (irsyadat) kepada umat Islam untuk menjauhkan diri dari segala produk yang diproduksi dan dijual oleh perusahaan lokal atau internasional yang terkait dengan Israel.

Melalui Acara Halalbihalal Nasional, MUI juga merefleksikan pesan umat manusia yang dirugikan akibat serangan Israel yang masih berlangsung di Gaza, Palestina.

“Kami ingin mengingatkan masyarakat luas, apa pun agama atau keyakinannya, untuk tidak melupakan penderitaan rakyat Palestina, khususnya di Gaza. Mereka telah menjadi sasaran genosida Israel selama berbulan-bulan,” jelas Arif.

Seperti diketahui, serangan Israel ke Gaza dan wilayah Palestina yang terjadi sejak Oktober 2023 telah melahirkan genosida yang belum pernah disaksikan dunia.

Baca juga: Seniman Irlandia Desak Peserta Eurovision 2024 Tolak Israel

Selain kehancuran tersebut, lebih dari 35.000 warga Palestina tewas dalam serangan tersebut. Kebanyakan korbannya adalah anak-anak dan perempuan.

Genosida ini juga mendorong Afrika Selatan dan beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia, berupaya agar Israel dan negara-negara pendukungnya diadili di Mahkamah Internasional (ICJ).

Terkait perjuangan politik Indonesia pada tahun 2024, Arif juga mengingatkan seluruh bangsa untuk menjaga persatuan, stabilitas, dan harmoni untuk mewujudkan kesuksesan dan kesejahteraan negara.

FYI: Halalbihalal MUI 1445 H turut dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, serta Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK).

Lalu ada pula Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (Polhukam) Hadi Tjahjanto, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, jajaran pimpinan MUI pusat, perwakilan MUI seluruh provinsi, serta duta besar negara sahabat. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top