Waspada, Mobil Bekas Banjir Bisa Disamarkan dengan Cat Interior

JAKARTA, virprom.com – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan hemat, namun konsumen harus mewaspadai beberapa trik yang bisa digunakan penjual untuk menyembunyikan kerusakan, apalagi jika mobil terendam banjir.

Jeffrey Andika, salah satu pendiri dan CEO Otospector, mengatakan karat pada logam interior, terutama di bawah jok, merupakan salah satu tanda mobil terendam banjir.

Namun, Jeffrey memperingatkan bahwa beberapa penjual mencoba menutupi kerusakan tersebut dengan mengecat besi yang berkarat tersebut.

Baca juga: Indonesia Dominasi Pasar Roda Dua ASEAN Semester I-2024, Filipina Ancam Thailand

“Besi kadang dicat untuk menutupi karat, padahal seharusnya tidak dicat,” jelas Jeffrey kepada virprom.com, Selasa (04-9-2024).

Cat logam berkarat di bagian dalam dapat menyembunyikan tanda-tanda mobil terendam banjir, sehingga calon pembeli tidak mengetahui bahwa ada masalah besar yang mengintai.

Jika ditemukan logam di bawah jok yang terlihat mulus namun dicat, bisa jadi itu tandanya mobil rusak karena terendam banjir,” kata Jeffrey.

Karat pada logam interior bukan hanya sekedar masalah estetika, namun juga bisa menandakan kerusakan lebih serius pada komponen lain yang tidak terlihat.

Ia juga menyarankan pembeli untuk lebih berhati-hati saat mengecek kondisi mobil, terutama pada bagian yang tidak terlihat.

Baca juga: Sempurna di Aragon, Marc Marquez Siap Raih Kemenangan Berikutnya

“Jangan tergiur dengan tampilannya yang rapi. Periksa bagian dalam mobil dengan cermat, terutama bagian yang biasanya terlewatkan, seperti kolong jok,” kata Jeffrey.

Bagi konsumen yang belum yakin, Jeffrey menyarankan untuk menyewa jasa inspeksi profesional yang dapat membantu mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan akibat banjir atau kerusakan lain yang mungkin disembunyikan penjual. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top