Google Passkey Kini Bisa Sinkron ke Lintas Perangkat dan Platform

virprom.com – Pada Kamis (19/9/2024) waktu AS, Google merilis pembaruan pada layanan pengelola kata sandinya. Pengelola Kata Sandi Google kini memungkinkan pengguna menyinkronkan fungsi kata sandi untuk digunakan di seluruh perangkat dan platform.

Kunci akses adalah mekanisme login yang menggantikan kata sandi dan fungsi otentikasi. Passkey menggunakan sistem keamanan ponsel seperti pemindai sidik jari, pemindai wajah, kode PIN atau pola untuk masuk ke akun tertentu. 

Sebelumnya jika pengguna menggunakan token, data password hanya disimpan di Google Password Manager di Android. Oleh karena itu, mekanisme yang sama tidak dapat digunakan langsung pada perangkat dengan sistem operasi berbeda, melainkan kode QR harus dipindai terlebih dahulu.

Baca Juga: Apa Password yang Bisa Digunakan untuk Masuk Akun Google Tanpa Password?

Jadi, dengan pembaruan pada Pengelola Kata Sandi Google ini, pengguna dapat menggunakan kata sandi yang sama di berbagai platform dan perangkat.

Pengelola Kata Sandi Google kini memungkinkan Anda menyimpan token Windows, macOS, Linux, Android, dan Chrome OS. Kunci yang disimpan akan otomatis disinkronkan antar perangkat, menjadikan proses masuk semudah memindai sidik jari Anda. katanya. Manajer produk Chrome Chirag Desai seperti dikutip blog KompasTekno Google, Senin (23/9/2024).

Dalam unggahan yang sama, Google memberikan representasi visual betapa mudahnya login dengan kode sandi di semua perangkat.

Misalnya saja ketika pengguna MacOS login ke website tertentu dengan password yang sudah tersimpan di Google Password Manager. Pengguna hanya perlu menggunakan fitur Touch ID alias pemindaian sidik jari untuk login ke situs.

Namun dukungan sinkronisasi ini, khususnya untuk ChromeOS, masih dalam versi beta. Dukungan iOS yang sama juga akan dirilis di masa mendatang.

Baca juga: Cara Masuk Akun Google dengan Token Tanpa Memasukkan Kata Sandi Gunakan PIN untuk Keamanan Berlapis

Dalam pembaruan yang sama, Google juga memperkenalkan PIN untuk Pengelola Kata Sandi Google. Mekanisme keamanan ini diluncurkan untuk menambah lapisan keamanan lain guna memastikan bahwa kunci akses pengguna terenkripsi dan tidak dapat diakses oleh siapa pun, termasuk Google.

Google menerapkan PIN Pengelola Sandi Google saat pengguna menggunakan kode sandi di perangkat baru untuk mencegah orang lain menyalahgunakan sandi.

Selain PIN, pengguna juga dapat menggunakan mekanisme kunci dasar perangkat Android untuk memasang kunci sandi pada perangkat baru.

PIN Pengelola Kata Sandi Google dapat dibuat menggunakan rangkaian enam angka atau kombinasi huruf alfabet sebagai kata sandi. 

Menurut Google, kedua pembaruan ini kini tersedia untuk pengguna Chrome dan perangkat Android tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top