2 Cara Menghapus File di Google Drive lewat Laptop dengan Mudah

virprom.com – Layanan penyimpanan cloud Google yakni Google Drive memiliki beberapa pedoman yang harus diketahui pengguna untuk mengelola ruang penyimpanannya. Salah satu panduannya seperti cara menghapus file dari Google Drive di laptop.

Cara menghapus file Google Drive melalui laptop ini akan berguna untuk mengatasi masalah Google Drive yang tetap penuh. FYI, Google Drive memiliki penyimpanan gratis sebesar 15GB.

Baca Juga: 2 Cara Menghapus Semua File Google Drive Sekaligus Gratis Penyimpanan Mudah

Google Drive dapat terisi dengan lambat karena banyak file yang menumpuk. Untuk mengosongkan ruang penyimpanan, pengguna dapat menghapus file yang tidak penting dari Google Drive.

Menghapus file dari Google Drive bisa dilakukan di berbagai platform, termasuk laptop. Jadi, meski lebih nyaman mengakses Google Drive melalui laptop, pengguna harus mengetahui cara menghapus file dari Google Drive di laptop.

Lantas, bagaimana cara menghapus file dari Google Drive di laptop? Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus file dari Google Drive di laptop. Cara menghapus file dari Google Drive di laptop

Cara menghapus file Google Drive di laptop pada dasarnya sangat mudah. Setidaknya ada dua langkah yang bisa dilakukan pengguna untuk menghapus file dari Google Drive di laptop.

Pertama, pengguna dapat menghapus file dari Google Drive satu per satu. Artinya, pengguna bisa memilih file di Google Drive satu per satu lalu menghapusnya. Kedua, pengguna bisa menghapus file dari Google Drive sekaligus.

Baca juga: Apa itu Google Drive? Pengertian, Fungsi dan Cara Penggunaannya

Dengan begitu, pengguna bisa menghapus sebagian atau seluruh file yang ada di Google Drive sekaligus tanpa harus memilihnya satu per satu terlebih dahulu. Berikut dua cara menghapus file dari Google Drive di laptop. 1. Cara menghapus file dari Google Drive di laptop pribadi

Cara menghapus file di Google Drive dari laptop yang pertama adalah dengan menghapusnya satu per satu. Pada cara pertama ini, pengguna bisa memilih satu per satu file yang tidak penting lalu menghapusnya. Caranya sebagai berikut: buka website Google Drive https://drive.google.com melalui browser laptop. Kemudian cari file yang ingin Anda hapus dan klik file tersebut. Kemudian klik ikon tempat sampah dengan tiga titik atau opsi “Pindahkan ke Sampah”. File yang dipilih akan dihapus dan dipindahkan ke folder Sampah. 2. Cara menghapus file dari Google Drive di laptop sekaligus

Cara menghapus file Google Drive di laptop yang kedua adalah dengan menghapus semuanya sekaligus. Pada cara kedua ini, pengguna bisa menghapus banyak atau seluruh file dari Google Drive sekaligus. Caranya sebagai berikut: buka website Google Drive https://drive.google.com melalui browser laptop. Kemudian klik menu “Simpan” di bilah menu samping. Kemudian pengguna akan disuguhkan daftar seluruh file yang tersimpan di Google Drive dalam berbagai format dari yang terbesar hingga yang terkecil. Dalam daftar ini, pengguna dapat menekan Ctrl + A pada keyboard dan semua file akan dipilih. Pengguna juga dapat memilih satu file lalu menyeret kursor ke bawah hingga semuanya terpilih. Setelah file dipilih, klik ikon tempat sampah untuk menghapusnya. Setelah itu, semua file yang terhapus akan dipindahkan ke tempat sampah. Hapus file di Recycle Bin

Seperti pada penjelasan cara di atas, file Google Drive apa pun yang terhapus tidak langsung terhapus seluruhnya, melainkan dibuang terlebih dahulu ke tempat sampah. File di recycle bin baru akan otomatis terhapus secara permanen setelah 30 hari.

Selama 30 hari, file yang dihapus tetap berada di sampah. File yang baru saja dihapus dan dibuang ke sampah akan memakan ruang di Google Drive hingga terhapus seluruhnya.

Oleh karena itu, pengguna bisa langsung menghapus seluruh file yang ada di recycle bin tanpa menunggu 30 hari agar memori tidak penuh. Berikut cara menghapus file dari Recycle Bin Google Drive: Buka Google Drive. Kemudian buka folder Sampah. Semua file yang dihapus oleh pengguna disajikan dalam folder ini. Terakhir, klik opsi “Kosongkan Sampah Sekarang” dan Google Drive akan mengosongkan sampah.

Baca Juga: 2 Cara dan Alasan Mengatasi Google Drive Full Meski File Terhapus

Sangat mudah bukan cara menghapus file dari Google Drive di laptop? Dengan cara di atas, pengguna tidak perlu tersesat ketika Google Drive hampir atau sudah penuh karena menyimpan banyak sekali file.

Pengguna dapat dengan mudah menghapus file dari Google Drive melalui laptop. Demikian penjelasan mengenai cara menghapus file Google Drive di laptop dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Yuk gabung di channel WhatsApp KompasTekno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

  Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di perangkat seluler Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top