Puji Grand Syekh Al-Azhar, Menag: Tokoh Paling Konsisten Suarakan Perdamaian Antar Agama

JAKARTA, virprom.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qumas menyebut Syekh Agung Al-Azhar, Imam Akbar Ahmed Al Tayeb sebagai ulama yang terus menggalakkan diskusi keagamaan.

Ini merupakan upaya membangun peradaban sekaligus menjaga perdamaian antar berbagai ras, etnis, dan agama di dunia.

“Hari ini kita kedatangan tamu istimewa, Syekh Al-Azhar. Pada Rabu, 10/7/2024, Yaqut mengatakan: “Beliau adalah salah satu pemimpin agama yang terus menggalakkan dialog antar agama dan budaya untuk mencapai perdamaian dunia.”

Baca juga: Syekh Al Azhar Bertemu Prabowo di Kementerian Pertahanan

Beliau juga berbicara tentang besarnya peran Syekh Al-Azhar dalam terlaksananya perdamaian antar agama di dunia. Salah satunya adalah implementasi perjanjian persaudaraan yang ditandatangani Paus Fransiskus.

Yaqut berkata: “Secara umum, perjanjian ini menyerukan kepada semua orang untuk hidup dengan nilai-nilai perdamaian, kerukunan, persaudaraan, dan kesehatan masyarakat.”

Kemudian kebijaksanaan, keadilan dan cinta kasih. Perdamaian, keamanan dan cinta kasih adalah landasan ajaran agama, lanjutnya.

Sebagai informasi, Syekh Imamu Akbar Ahmed Al Tayeb tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang pada Senin malam (8/7/2024).

Baca Juga: Sambutan Agung Al-Azhar, Presiden PBNU: Selamat Datang di Tanah Bhinneka Tunggal Ika

Selasa (9/7/2024), Syekh Agung bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan. Selain itu, pada Rabu (10/7/2024), ia mengikuti rapat pemersatu umat dan kebudayaan yang diselenggarakan Majelis Pengurus Besar Nehdletul Ulama (PBNU).

Syekh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb mengunjungi Indonesia tiga kali dalam sepuluh tahun terakhir. Kunjungan pertama dilakukan pada tahun 2016 dan 2018.

Pada kunjungan ketiga ini, Imam Akbar Al Tayeb diperkirakan berada di Indonesia selama empat hari, 8 – 11 Juli 2024. Dengarkan berita terkini dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda memiliki aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top