Bumi Dipastikan Punya “Bulan” Kedua Musim Gugur Ini

Madrid, virprom.com – Musim gugur ini, untuk waktu yang terbatas, Bumi akan menerima “bulan” kedua.

Sebuah asteroid seukuran bus kota akan ditangkap oleh gravitasi bumi dan mengorbit planet kita selama sekitar dua bulan, berubah menjadi “bulan mini”, menurut penelitian yang diterbitkan minggu ini.

“Bulan” menghabiskan waktu bersama Bumi dari 29 September hingga 25 November sebelum kembali ke rumahnya, sabuk asteroid yang mengelilingi Matahari.

Baca juga: Bumi akan menerima bulan baru dalam momen gravitasi yang langka

“Objek-objek yang akan mengunjungi kita antara lain sabuk asteroid Arjuna, sabuk asteroid sekunder yang terbuat dari batuan luar angkasa yang mengikuti orbit yang sangat mirip dengan Bumi,” kata Carlos de la Fuente Marcos, profesor di Universitas Complutense di Madrid dan kepala penelitian. tim peneliti. Penulis penelitian tersebut dilaporkan di Space.com oleh Guardian.

Dia menjelaskan, beberapa asteroid di Sabuk Arjuna mungkin berada dalam jarak sekitar 2,8 juta mil (4,5 juta kilometer) dari Bumi.

Jika mereka juga bergerak relatif lambat untuk sebuah asteroid, sekitar 2.200 km/jam (3.540 km/jam), maka orbit mereka lebih dipengaruhi oleh gravitasi bumi dibandingkan biasanya.

Dia menyatakan bahwa dalam situasi ini, objek tersebut kemungkinan akan menjadi bulan sementara Bumi, dan menambahkan: Hal ini akan terjadi pada asteroid mulai minggu depan dan berlangsung selama sekitar dua bulan.

Dia menambahkan bahwa “Bulan” tidak akan menyelesaikan orbit penuh mengelilingi Bumi.

Asteroid tersebut ditemukan pada 7 Agustus oleh Asteroid Impact Alert System (ATLAS), sebuah program yang didanai NASA.

Panjangnya sekitar 10 meter, sangat kecil dibandingkan bulan Bumi yang berdiameter sekitar 3474 kilometer.

Baca juga: 4 Pemimpin ISIS Tewas dalam Serangan Bulan Lalu di Irak

“Objek ini akan terlalu kecil dan redup untuk teleskop amatir dan teropong konvensional,” tambah Marcus. Namun, objek ini berada dalam rentang kecerahan teleskop konvensional yang digunakan para astronom profesional.

Para ilmuwan menambahkan bahwa mereka yakin asteroid bulan mini akan kembali ke orbit Bumi pada tahun 2055.

Baca juga: Australia mencari bantuan global untuk menangkap pria yang menuangkan kopi panas ke bayi berusia 9 bulan.

Ini bukanlah “bulan mini” pertama yang pernah dialami Bumi. Para peneliti menulis dalam makalah mereka bahwa dua peristiwa kecil di bulan terjadi pada tahun 1981 dan 2022.

  Dengarkan berita terbaru dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top