Bahlil Pastikan Maju sebagai Calon Ketua Umum Golkar

JAKARTA, virprom.com – Politisi Partai Golkar Bahlil Lahadalia dipastikan akan melamar jabatan Ketua Umum partai berlambang pohon beringin itu.

Bahlil pun mengaku akan segera menyiapkan formulir pendaftaran calon presiden umum Partai Golkar

“Suatu saat nanti malam, isi formulirnya. Silakan mendaftar,” kata Bahlil usai memperkenalkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Istana Negara, Jakarta, Senin (19 Agustus 2024).

Mantan Menteri Investasi itu enggan menyebutkan apakah dirinya akan terpilih menjadi Ketua Umum Golkar setelah Airlangga Hartarto mengundurkan diri dari jabatannya.

Sebelumnya diberitakan, Partai Golkar telah membuka pendaftaran calon presiden umum jelang konferensi nasional (munas).

Baca juga: Pasar Calon Presiden Golkar Fokus ke Bahlil, Peluang Menang

Rapimnas Nasional dan XI. Ketua Pengarah Musyawarah Nasional Golkar Adies Kadir mengatakan batas waktu pendaftaran adalah Senin (19/8/2024) pukul 22.00 WIB.

Salah satu syarat untuk melamar jabatan Ketua Umum Gokar adalah Anda merupakan pengurus Golkar di tingkat pusat atau minimal provinsi dan/atau pengurus pusat dari organisasi pendiri. Golkar untuk masa jabatan penuh.

Kandidat tersebut kemudian didukung oleh setidaknya 30 persen pemilih.

Syarat kedua, calon harus sudah menjadi anggota aktif Golkar minimal lima tahun dan belum pernah menjadi anggota partai politik lain.

Selain itu, calon juga mengikuti pendidikan dan pelatihan kader Partai Golkar.

Baca juga: Ace Hasan: Bahlil Memenuhi Syarat Jadi Ketum Golkar

Syarat keempat, calon yang berhasil harus memiliki PDLT, kinerja, dedikasi, disiplin, loyalitas dan rasa hormat tanpa syarat.

Persyaratan lainnya adalah calon entry level harus memiliki keterampilan dan penerimaan yang tepat serta belum pernah berpartisipasi dalam G30S.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Raknas dan Musyawarah Nasional Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, mengatakan Rapimnas akan digelar di JCC Senayan Jakarta pada Selasa pagi (20/08/2024).

Sore harinya dilanjutkan dengan Musyawarah Nasional.

Musyawarah Nasional dan Musyawarah Nasional digelar setelah Airlanggar Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum Golkar. Agus Gumiwang Kartasasmita kemudian menjadi Pj Ketua Umum.

Ketua Umum Golkar yang baru akan dilantik pada Munas hari kedua, Rabu (21/8/2024).

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily sebelumnya mengklaim ada 37 DPD Golkar provinsi yang mendukung Bahlil Lahadalia untuk melanjutkan kepemimpinan partai. Dengarkan berita terkini dan berita persembahan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top