Menkominfo Targetkan PDN di Cikarang Selesai Sebelum Pemerintahan Jokowi Berakhir

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bertekad menyelesaikan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) di Sikarang, Bekasi, Jawa Barat sebelum berakhirnya pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Kami akan upayakan (sebelum pergantian pemerintahan),” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Badi Ari Setiadi saat rapat di gedung DPRI, Rabu (9/4/2024).

Baca Juga: PDN Diretas, Kabareskrim: Ransomware Bukan Hal Mudah untuk Ditangani

Budi menjelaskan, saat ini perkembangan PDN sudah mencapai 90%. Namun, dia belum bisa memastikan kapan proyek tersebut akan selesai seluruhnya.

“Ini akan segera berakhir.” Kondisi fisiknya hampir 90%. “Tunggu saja sampai selesai, harus hati-hati,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan pembangunan data center di Sikarang (Baxi) dan Batam (Pulau Riau) sudah dimulai.

“Kami menargetkan pemerintah memiliki data center. Saat ini sudah siap di dua daerah, yaitu Baxi dan Batam,” Direktur Jenderal Aplikasi Komputer Kementerian Komunikasi dan Informatika saat itu, Samuel A Pangaripan, Rabu (14/6). /2023).

Untuk PDN di Cikarang, Samuel berharap data centernya bisa diresmikan dan mulai beroperasi sebelum Oktober tahun depan.

Baca Juga: Berencana Tuntut Pemerintah, Safenet Temukan Korban Terkena Hack PDN

Selain Cikarang dan Batam, ditetapkan empat lokasi PDN yakni ibu kota nusantara (IKN) dan Labuan Bajo (NTT).

Samuel mengatakan, pembangunan PDN di Batam masih dalam tahap tender dan diharapkan selesai pada 2025.

“Di IKN dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, kami masih menganalisis lokasinya karena sedang mempertimbangkan penyiapan lahan,” jelas Samuel.

Tujuan pengembangan PDN adalah untuk mengelola pusat data secara efisien yang saat ini tersebar di lebih dari 2.700 lokasi. Selama ini setiap instansi pemerintah mempunyai pusat data masing-masing sehingga menimbulkan pemborosan.

“Kami melakukan penilaian, semua institusi berlomba-lomba mengembangkan komputerisasi dan digitalisasi, yang pada akhirnya mengubah ruang server menjadi data center. Jadi Kominfo menyederhanakan sistem ini menjadi data center,” jelas Samuel berita langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top