Buat Pemula, Ini Tips Tingkatkan Daya Tempuh Mobil Listik

JAKARTA, virprom.com – Pengemudi kendaraan listrik baterai (BEV) perlu mengetahui kapasitas berkendara kendaraannya saat ingin melakukan perjalanan.

Sebab selama ini infrastruktur stasiun pengisian mobil listrik di Indonesia masih terbatas. Sedangkan produk kendaraan listrik memiliki kemampuan berkendara yang berbeda-beda.

Namun tidak menutup kemungkinan pengemudi dapat menambah jarak tempuh dengan mobil listrik, misalnya saat baterai kekurangan daya di tengah perjalanan, kata Ferry, Chief Operating Officer PT Gowa. Modern Motor dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (30/8/2024).

Baca juga: Jadwal MotoGP Aragon 2024, balapan digelar pukul 19.00 WIB

Dia menjelaskan, hambatan udara meningkat pesat seiring dengan kecepatan kendaraan listrik. Jadi, pengemudi mobil listrik sebaiknya menghindari pola berkendara cepat.

Jadi perlu diperhatikan, akselerasi cepat menggunakan banyak tenaga berkendara dan deselerasi cepat membatasi pengereman regeneratif. Jadi, tekan dan lepaskan pedal gas secara bertahap saat melakukan akselerasi atau deselerasi.

“Saat menggunakan AC atau pemanas, konsumsi energi akan berkurang jika memilih mode resirkulasi dan bukan mode segar. Mode segar membutuhkan konsumsi energi yang besar karena udara luar perlu dipanaskan atau didinginkan,” ujarnya.

Baca Juga: Keseruan Bermain Toyota Starlet Tak Pernah Membosankan

Penting juga untuk menutup jendela saat mengemudi. Mengemudi dengan jendela terbuka akan meningkatkan hambatan udara dan penggunaan AC atau pemanas.

Selalu pertahankan tekanan ban yang ditentukan dan gunakan ban khusus untuk kendaraan listrik.

Terakhir, jangan menggunakan komponen kelistrikan yang tidak diperlukan saat berkendara dan meletakkan barang-barang yang tidak diperlukan di dalam mobil. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top