Saat “Pager” Tenyata Masih Digunakan di Lebanon hingga Amerika…

BEIRUT, virprom.com – Pager menjadi perangkat komunikasi seluler kompak pertama yang muncul di pasaran.

Meski smartphone kini sudah banyak tersedia di pasaran, namun sejumlah masyarakat di dunia masih menggunakan perangkat tersebut.

Di Lebanon, halaman baru-baru ini mendapat perhatian setelah ratusan perangkat yang digunakan oleh warga sipil – yang diduga anggota Hizbullah – diledakkan secara bersamaan di berbagai wilayah.

Baca juga: 9 orang tewas dan 2.800 lainnya luka-luka akibat ledakan di Lebanon

Pager adalah kotak kecil yang memungkinkan pengguna menerima pesan dan pemberitahuan suara.

Perangkat ini menggunakan frekuensinya sendiri dan oleh karena itu dianggap lebih andal karena dapat melewati jaringan telepon seluler, yang dapat mengalami interferensi, masalah komunikasi, atau gangguan komunikasi.

Fitur-fitur ini mungkin menjadi salah satu alasan Hizbullah masih menggunakannya.

Faktanya, setelah perang Gaza, kelompok Lebanon mengatakan kepada anggotanya untuk berhenti menggunakan ponsel untuk menghindari pelanggaran teknis yang dilakukan Israel.

Pagers mengadakan kejuaraan mereka di Barat pada tahun 80an dan 90an.

Menurut Spock, produsen pager yang berbasis di AS, terdapat sekitar 61 juta pager yang beredar di seluruh dunia pada tahun 1994. 

Baca juga: Lebanon dan Hizbullah salahkan Israel atas ledakan Pager

Meski ponsel cerdas mendominasi pasar massal, tablet masih digunakan di beberapa sektor, seperti rumah sakit, khususnya di Amerika Serikat.

Menurut penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Hospital Medicine, hampir 80 persen dokter rumah sakit yang disurvei menggunakan pager dan setengah dari pesan yang diterima oleh pager terkait dengan perawatan pasien.

Pager juga digunakan di bidang yang tidak terlalu cabul di dunia kriminal, seperti perdagangan narkoba.

Pembuat pager Spock mengiklankan produknya sebagai perangkat “yang dapat menembus baja dan logam, sementara sinyal ponsel pintar dapat diblokir”.

Produsen pager lainnya, Discover Systems, mengatakan bahwa sistem pager adalah sarana komunikasi yang sangat andal, misalnya jika terjadi kegagalan jaringan Wi-Fi atau telepon.

Menurut Spock, pager pertama dipatenkan di Amerika Serikat pada tahun 1949 oleh penemu Alfred Gross, pionir komunikasi nirkabel, sebelum digunakan di rumah sakit.

Baca Juga: Pakar Sebut Kemungkinan Penyebab Pager di Lebanon Meledak Sekaligus

Seperti dikutip AFP, istilah “pager” secara resmi didaftarkan pada tahun 1959 oleh perusahaan Motorola yang merupakan pemimpin pasar selama beberapa dekade.

Pageboy pertama Motorola, Pageboy 1, dibuat pada tahun 1964, memungkinkan notifikasi suara dikirim melalui telepon sebelum teknologinya disempurnakan dan memungkinkan pengiriman pesan teks sejak tahun 80an.

Pageboy pertama Motorola, Pageboy 1, mengizinkan pemberitahuan suara dikirim ke telepon sebelum teknologinya disempurnakan dan memungkinkan pengiriman pesan teks.

Pageboy 1 dibuat pada tahun 1964 dan dikembangkan untuk mengirim pesan teks pada tahun 80an.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top