Pionir Semikonduktor Modern Sehat Sutardja Meninggal Dunia

virprom.com – Sehat Sutraja, pendiri dan mantan CEO Marvel Technologies, meninggal dunia pada usia 63 tahun.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh perwakilan Alphaware IP Group Company, tempat ia bekerja sebagai direktur eksekutif.

“Untuk menghormati keluarga, tidak ada rincian lebih lanjut yang dapat diberikan saat ini, dan media tidak diperbolehkan menghubungi keluarga secara langsung pada saat duka ini,” kata perwakilan Alfaware kepada Compatechno di London Tenggara, Kamis. (19/9/2024).

Lanjut Alphaware, posisi yang dikosongkan almarhum akan diisi oleh istri Sehat Sutarza, Veli Dai.

“(Willie Dai) akan menghabiskan sisa hidupnya mendedikasikan warisan suaminya yang luar biasa kepada anak-anaknya dan timnya yang luar biasa untuk melanjutkan inovasi karyanya,” tambah perwakilan Alphaware.

Baca Juga: Infineon Akan Bangun Pabrik Semikonduktor di Malaysia, Profil Sehat Energi Surya Terbesar di Dunia

Saat ini Sehat Sutarja telah diakui sebagai salah satu pionir semikonduktor modern asal Indonesia. Sehat Sutaradja lahir pada tahun 1961 di Jakarta.

Ia belajar teknik elektro di Iowa State University. Beliau juga meraih gelar Master of Science dan Doktor di bidang Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari University of California, Berkeley.

Di universitas bergengsi itu, ia bertemu dengan Willie Dai yang kemudian menjadi istrinya.

Pada tahun 1995, Sehat mendirikan Marvel Technologies bersama saudaranya Pentas Sutarja. Perusahaan ini adalah salah satu pembuat chip terbesar di dunia.

Pertumbuhan perusahaan didorong oleh adopsi Internet global yang terus meningkat. Pada tahun 2000, Marvell Technologies terdaftar di bursa saham Nasdaq.

Baca Juga: 15 Perusahaan Semikonduktor Terbesar di Dunia Adalah Intel dan Qualcomm

Kemudian pada tahun 2021, Sehat mendirikan perusahaan manufaktur chip baru di Singapura bernama Silicon Box.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Sehat Sutaradza diperkirakan mencapai 1,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 19,8 triliun). Dengarkan pilihan berita dan berita terhangat kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top