Soal Anies Mau Bikin Parpol, Ahmad Ali: Mungkin karena Merasa Dimanfaatkan Partai untuk Elektoral

JAKARTA, virprom.com – Mantan Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem Ahmad Ali menyambut baik rencana Anies Baswedan mendirikan organisasi kemasyarakatan (ormas) atau partai politik baru.

Ali mengatakan, Anies ingin memberikan wadah bagi para pengikutnya yang belum memiliki “tempat berlindung”.

“Saat ini Mas Anies mungkin merasa ternyata dirinya hanya dimanfaatkan oleh partai (pendukungnya di Pilpres 2024) untuk kepentingan elektoralnya. Semuanya. Artinya, pendukung Anies merasa tidak nyaman, untuk bergabung dengan kelompok tertentu. partai politik,” kata Ali kepada virprom.com, Sabtu (31/8/2024).

Baca juga: Rencana Anies Usai Tak Ikut Pilkada: Bikin Partai Baru dan Tolak Karir di Luar Negeri

Ia mengungkapkan, pada Pilpres 2024, Partai Nasdem, PKS, dan PKB berhasil mendapatkan coat-tail effect atau keuntungan elektoral yang diduga berasal dari pendukung Anies.

Suara partai-partai tersebut meningkat di sejumlah daerah, baik pada pemilu legislatif DPR RI maupun pemilu legislatif DPRD di daerah masing-masing.

Namun, pada Pilkada Serentak 2024, tak ada satupun parpol yang siap memberikan tiket kepada Anies untuk maju.

“Usai mendampingi Mas Anies jalan-jalan, saya melihat banyak masyarakat yang memberikan dukungan dan harapan kepada Mas Anies. Kita lihat, hasil pemilu legislatif kemarin, partai pendukung Mas Anies mendapat suara melimpah,” kata calon gubernur itu. pada Pilkada Sulawesi Tengah 2024.

“Pilpres kemarin rata-rata tidak ada satu pun partai yang tampil all out untuk menangkan Anies, termasuk Nasdem. Jadi jelas sekali dia dimanfaatkan,” imbuh Ali.

Baca juga: Anies berencana membangun parpol baru setelah gagal maju di Pilkada 2024

Sebelumnya diberitakan, Anies membuka kemungkinan pembentukan partai politik baru setelah gagal mendapatkan tiket untuk maju pada Pilkada Serentak 2024.

Kapan rencana pendirian parpol baru akan terealisasi, Anies belum bisa memastikan. Dia meminta semua pihak bersabar.

“Kalau kita menggalang seluruh semangat perubahan yang kini semakin besar, dan ada kekuatan, harus ada gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru bisa menjadi jalan yang kita ambil,” kata Anies. dalam tayangan YouTube, Jumat (30/8/2024).

“Kita akan menatap masa depan bersama-sama, mudah-mudahan tidak lama lagi kita bisa mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengakomodir gerakan yang semakin hari semakin berkembang, menginginkan Indonesia yang lebih setara, demokrasi yang lebih sehat, politik yang lebih baik. utamakan ide, ucapnya pelan

Baca juga: Pengamat: Anies Tak Bisa Maju Pilkada karena Faktor Sendiri…

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku masih enggan bergabung dengan partai politik saat ini.

“Terus ada yang menyarankan saya masuk partai atau bikin partai politik. Nah, kalau ikut partai, yang jadi pertanyaan adalah partai mana yang saat ini tidak tersandera kekuasaan. Sudahlah, ikut, mencalonkan saja, itu mengancam. ,” kata Anies. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top