Dampak Buruk Abaikan Masalah Kesehatan Busi pada Mobil

JAKARTA, virprom.com – Memasuki Agustus 2024, harga bahan bakar minyak (BBM) mulai naik. Situasi ini menjadi beban berat bagi banyak pengguna mobil, terutama mereka yang memiliki mobil.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi pemilik mobil untuk melakukan beberapa langkah preventif dalam upaya menghemat konsumsi bahan bakar. Salah satunya adalah meningkatkan performa mobil.

Seperti yang anda ketahui, busi merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi efisiensi bahan bakar sebuah mobil, karena mempunyai efek menghasilkan bunga api.

Pada umumnya busi berguna untuk menimbulkan bunga api yang akan menimbulkan ledakan campuran bensin dan udara pada ruang mesin mobil sehingga menimbulkan tenaga yang kuat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Bisakah Jerawat Berakhir?

Artinya, jika kondisi busi sudah tidak bagus lagi, seperti tidak dirawat atau diabaikan saat penggantian, maka performa mobil pun akan terpengaruh.

Selain membuat mesin menjadi tidak sempurna, hal ini juga akan membuat mesin terasa berat sehingga menyebabkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dari biasanya.

“Busi lama yang tidak diganti akan mengalami penurunan performa. Sikat baru biasanya akan menghasilkan percikan api yang lebih besar, namun percikan api yang buruk tidak akan menghasilkan percikan api sebaik yang baru,” kata Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, suatu saat. masa lalu. .

Baca Juga: Siap Mendobrak Innova Hybrid, Cara Irit Serena e-Power [Video]

Menurutnya, lampu yang tidak diganti dalam jangka waktu lama akan berdampak pada penurunan performa. Dalam hal ini berkaitan dengan fungsi pengapiannya dan dapat mempengaruhi performa mesin serta konsumsi bahan bakar.

Ibrohim menjelaskan, semakin banyak percikan api akan mempengaruhi seberapa cepat bensin dan udara bercampur di ruang bakar.

Baca juga: Oli Tercampur Air Bisa Menyebabkan Masalah Pada Mesin Mobil

Pembakaran yang tidak sempurna akan menghasilkan tenaga yang kurang optimal, sehingga tidak akan menambah atau membakar seluruh bensin.

“Ada krisis bensin, kita pasti bisa menggunakan lebih banyak bahan bakar,” kata Ibrahim. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top