Sudirman Said hingga Johan Budi Ingin Kembalikan Marwah KPK jika Lolos Seleksi Capim

JAKARTA, virprom.com – Calon pimpinan Komite Pemberantasan Korupsi mengaku ingin mengembalikan citra dan nama baik lembaga antirasuah tersebut jika terpilih.

Hal itu diungkapkan Mantan Menteri Energi dan Mineral (ESDM) Sudirman Saeed pada Rabu (31/7/2024) usai lolos tes tertulis seleksi calon pimpinan (kapim) KPK periode 2024-2029.

Prioritas saya saat ini adalah mengembalikan nama baik BPK, kata Sudirman kepada wartawan, Rabu (31/7/2024).

Baca Juga: Tes Tertulis Pimpinan KPK Sudirman: Tak Ada Soal Penanganan Perkara…

Menurut Sudirman, kiprah pimpinan KPK ke depan harus meningkatkan integrasi internal dan menjadi teladan bagi seluruh aspek organisasi.

“Saya tegaskan sekali lagi, tugas utama pimpinan KPK ke depan adalah pembinaan internal, menunjukkan diri sebagai teladan dan menunjukkan hasil yang patut diteladani,” kata Sudirman.

Dalam wawancara terpisah, mantan juru bicara BPK Johan Budi juga mengaku ingin mengembalikan nama baik lembaga antikorupsi Tanah Air.

Alasan tersebut pula yang menjadi motivasi dirinya untuk mengikuti seleksi dan lolos tes tertulis calon KPK periode 2024-2029.

Kata-kata bijak dari situ, mungkin kalau saya bisa keluar, saya ingin mengembalikan kejayaan BPK, kata Johan Budi.

Baca Juga: Johan Budi Mundur dari PDI-P Usai Seleksi Komisi Pemberantasan Korupsi

Johan Budi menjelaskan, tes tertulis ini menggali visi dan tindakan para calon pimpinan untuk meningkatkan BPK ke depan.

Oleh karena itu mari kita gali, pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan KPK, bagaimana perkembangan KPK, ke depan seperti apa, tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, tahap tes tertulis terhadap 236 calon KPK telah selesai pada Rabu (31/7/2024). Sebanyak 7 orang dinyatakan meninggal dunia.

Elvi Danil menjelaskan, dari 236 calon KPK, hanya 229 orang yang lolos tes tertulis dan lolos tahap seleksi administrasi. Peserta tes tertulis terdiri dari 214 laki-laki dan 15 perempuan.

“Dari 236 tes tertulis pimpinan BPK, bisa kami sampaikan, yang mengikuti tes tertulis sebanyak 229 orang,” kata Elvi kepada wartawan di Pusat Pengembangan Talenta ASN di bawah Sekretariat Negara, Rabu (31/7/2024).

Baca Juga: Pimpinan BPK Kunjungi Sekretariat Kementerian Negara untuk Tes Tertulis

Sedangkan tujuh pimpinan BPK lainnya, lanjut Elvi, tidak mengikuti tes tertulis. Berdasarkan hal tersebut, tujuh orang langsung dikeluarkan dan tidak dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

“Yang tidak hadir, diumumkan dikeluarkan. Mereka tahu kalau tidak hadir otomatis diberhentikan sementara,” kata Alvey.

Elvi menambahkan, hasil tes tertulis pimpinan KPK periode 2024-2029 akan dipublikasikan pada 8 Agustus 2024 melalui website Sekretariat Pemerintah (www.setneg.go.id) dan website Dinas Pemberantasan Korupsi. Komisi (www.kpk.go.id). Dengarkan berita dan pembaruan langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top