MAKI Kirim Dokumen MoU Gibran-PT Shopee ke KPK, Bantu Ungkap “Private Jet” Kaesang

JAKARTA, virprom.com – Persatuan Indonesia Anti Korupsi (MAKI) telah mengirimkan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan PT Shopee Internasional Indonesia kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Koordinator Maki Boymin Saiman mengatakan, perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Boyamin mengatakan pihaknya berencana membantu KPK menikmati fasilitas jet pribadi Gulfstream G650ER yang diberikan kepada adik Gibran, Kaisang Pangarep.

Pesawat tersebut diketahui merupakan bisnis online Garena yang berada di bawah payung Singapore Singapore Limited.

“Yah, maksud saya membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut kasus besar terkait jatuhnya pesawat Kesang,” kata Boyamin dalam keterangannya kepada virprom.com, Rabu (28/8/2024).

Baca Juga: Dari Jendela Gulfstream Erina, Kaesang kini diincar KPK

Boyamin mengatakan, isi perjanjian tersebut mencakup kerja sama pengembangan usaha kecil dan menengah di Solo.

Salah satu caranya adalah dengan memiliki Garena Gaming yang berkantor di lingkungan Solo Technopark milik Pemkot Solo.

Sebaliknya, sesuai petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementerian Agama, Ato Boymin menyebut anak, istri, dan adik-adik pemimpin daerah masuk dalam kategori haram.

Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan kepada bawahan pimpinan lembaga antirasuah tersebut, pihaknya mengirimkan surat niat kepada panitia antikorupsi melalui email resmi untuk memberikan klarifikasi kepada Kaisang, kata Boymin.

Sebab Kaisang merupakan adik dari Gibran Rakabuming Raka dan pesawat tersebut diduga ada kaitannya dengan PT Shopee, kata Boyamin.

Baca Juga: Media tetangga membicarakan penggunaan jet pribadi oleh Kaisang

Boyamin berharap KPK dan Kazang bisa bekerja proaktif dan memperjelas persoalan fasilitas jet pribadi untuk putra bungsu Presiden Jokowi itu.

Jika ada tips, menurut Boyamin, Kazang setidaknya akan mengganti utilitas yang diterima tiket dari Indonesia ke Los Angeles.

“Kalau Kaesang yang melakukannya, jelas dan tidak ada hubungannya dengan proses yang terjadi. Saya berharap Kaesang juga yang melakukannya,” kata Boyamin.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pimpinan lembaga antirasuah itu telah memerintahkan Pemerintahan Gratifkaksi untuk meminta penjelasan Kasang.

Penjelasan tersebut merujuk pada kenikmatan berupa fasilitas jet pribadi Gulfstream G650ER yang dinikmati Cassang dan istrinya, Erina Gudono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top