Pansus DPR Jadwalkan Pemanggilan Pihak Regulator Bahas Masalah Haji

JAKARTA, virprom.com – Ketua Panitia Khusus (Pansus Haji) DPR Nusron Wahid mengatakan pihaknya akan menggelar pertemuan rutin untuk membahas persoalan haji.

Rapat akan diawali dengan pemanggilan beberapa otoritas pengatur terkait penyelenggaraan haji 2024.

Oleh karena itu, dalam minggu ini kami akan memanggil pihak-pihak terkait, terutama dari sisi regulasi, kata Nusron dalam pertemuan di Istana Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Namun kedepannya Pansus tak menggelar pemanggilan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Jangan sekarang, belum Kemenag, semua kementerian, Kemenag, kita ikuti setiap hari mulai Rabu ya,” kata arsitek negara Partai Golkar itu.

Baca Juga: Cak Imin Sebut Pansus Haji DPR Sudah 1 Bulan Menggambar Hasil

Di sisi lain, dia menjelaskan pansus akan membahas tiga poin. Pertama, penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Kementerian Agama.

Pansus akan mengusut dugaan Kementerian Agama menyalahgunakan alokasi kuota haji yang baru digunakan untuk haji reguler, namun diubah menjadi haji khusus.

Nomor dua, kita bicara tentang operasional pengelolaan haji, dari awal mencari sumber daya manusia, pelayanan, hingga tingkat kepuasan umat atau jamaah, ujarnya. 

Ketiga, mari kita perbaiki sistem keuangan haji. “Bagaimana mengelola sistem keuangan haji dari segi transparansi, tanggung jawab, dan memastikan manajemen risiko serta pengurangan risiko di masa depan agar para pendatang tidak kehilangan uangnya,” ujarnya. 

Baca Juga: Secara Sah, Nusron Wahid Jadi Ketua Panitia Khusus Haji DPR

Panitia Khusus Haji DPR memulai rapat pertamanya hari ini.

Rapat dengan direksi untuk memutuskan kepemimpinan mengangkat Nusron sebagai Ketua, sedangkan wakil ketua ada tiga, yakni Marwan Dasopang, Diah Pitaloka, dan Ledia Hanifa.

DPR telah membentuk panitia khusus haji mulai 10 Juli 2024 untuk menyelidiki berbagai persoalan penyelenggaraan haji tahun ini. Dengarkan berita dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top