Naik Tangga Lebih Banyak Bakar Kalori Dibanding Jalan dan Jogging

virprom.com – Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan dan sedang mencari cara baru untuk melakukannya, cobalah menaiki tangga sebagai pilihan olahraga baru atau sebagai pelengkap olahraga yang Anda lakukan.

Menaiki tangga merupakan cara berolahraga yang mudah dan efektif dibandingkan jalan cepat atau jogging.

“Padahal, menaiki tangga bisa melatih tubuh dan membakar banyak kalori,” kata Lauri van Houten, wakil presiden International Skyrunning Federation, yang membawahi berbagai disiplin ilmu tentang naik tangga.

Kelompok ini mencakup disiplin ilmu seperti pendakian gunung setinggi lebih dari 2000 meter atau acara seperti Kejuaraan Panjat Tangga Dunia.

Van Houten merekomendasikan untuk menambahkan beberapa menit latihan aerobik sebagai bagian dari rutinitas olahraga rutin Anda.

Baca juga: Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar dalam 15 Menit Olahraga?

“Berapa banyak kalori yang dibakar adalah pertanyaan yang ditanyakan banyak orang. Kabar baiknya adalah intensitas rencana tersebut bergantung pada berat badan Anda.

Studi menunjukkan bahwa tubuh kita membakar 20 kalori lebih banyak saat menaiki tangga dibandingkan berjalan di permukaan datar. Menuruni tangga mampu membakar kalori lima kali lebih banyak, berkat otot yang bekerja untuk memanjangkan tubuh ke atas.

Ahli biomekanik dari Universitas Milan, Dr. Alberto Minetti melakukan penelitian ekstensif tentang pergerakan manusia, termasuk menaiki tangga.

“Ini adalah olahraga yang bisa dilakukan siapa saja. Kita bisa menemukan tangga di dekatnya, jadi olahraga ini berdampak rendah dibandingkan pergi ke gym,” kata Minetti.

Minetti menghitungnya untuk menjelaskan mengapa menaiki tangga sangat efektif membakar kalori dalam waktu singkat.

“Jika ingin memindahkan 1 kilogram massa tubuh sejauh 1 meter di luar angkasa, tubuh membakar 0,5 kalori,” ujarnya.

Baca juga: Berapa Defisit Kalori untuk Menurunkan 1 Kg? Berikut penjelasannya…

“Jika Anda memindahkan 1 kilogram massa tubuh menaiki tangga, kalori yang terbakar sebanyak 10 kalori. Jadi, kalori yang terbakar lebih banyak jika Anda bergerak vertikal di depan garis.

Untuk pemula atau pendaki tingkat lanjut, Minetti merekomendasikan untuk fokus pada pendakian tangga. Ia juga mengatakan berpegangan tangan saat menaiki tangga dapat menambah kekuatan selain keamanan.

Dengan menggunakan tangga, kita meningkatkan kekuatan mekanik karena melibatkan otot.

“Lengannya memiliki otot yang lebih sedikit, tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali,” kata Minetti.

Suzy Walsham yang sudah bertahun-tahun menjadi pemanjat tangga mengatakan, menaiki tangga memiliki banyak manfaat, bahkan bagi para lansia.

“Banyak orang yang mengalami kesulitan berjalan seiring bertambahnya usia. Akibatnya, berlari secara berkelompok menjadi lebih sulit. Namun menaiki tangga adalah hal yang luar biasa,” ujarnya.

Keunggulan lain dari olahraga ini adalah tidak memakan banyak waktu. Kita dapat membangun kekuatan dalam hitungan hari atau minggu. Menaiki tangga dapat meningkatkan keseimbangan.

Kekurangan dari latihan ini adalah pandangan yang monoton, terutama tangga pada gedung-gedung tinggi.

Baca Juga: Lompat Tali Atau Lari, Mana yang Lebih Baik? Dengarkan berita terbaru dan pilihan berita kami di perangkat seluler Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top