Ini Penyebab Tuas Transmisi Mobil Bergetar Saat Mesin Menyala

SOLO, virprom.com – Mobil dalam kondisi terbaik tanpa kerusakan pasti akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman.

Namun sebaliknya, ketika bagian-bagian mobil mulai mengalami kerusakan, kenyamanan berkendara pun terganggu, apalagi jika terasa getaran tidak normal pada tuas transmisi, terutama saat mesin mobil hidup.

Getaran pada tuas transmisi bisa menjadi pertanda adanya masalah serius pada berbagai komponen.

Baca Juga: AC Mobil Hanya Mengeluarkan Udara Tapi Tidak Dingin, Cek Bagian Ini

Muchlis, pemilik Garasi Auto Service, bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, mengatakan ada dua penyebab tuas transmisi bergetar saat mesin mobil hidup.

Sebelumnya engine mount atau dudukan transmisi mengalami kerusakan sehingga getaran mesin terasa hingga tuas transmisi, kata Muchlis kepada virprom.com, Selasa (10/9/2024).

Jika engine mount rusak, misalnya karetnya aus atau sobek, maka kemampuannya meredam getaran akan berkurang. Hal ini menimbulkan getaran mesin yang kuat dan dapat menjalar ke tuas transmisi.

Selain itu, Muchlis juga menyatakan bushing peredam tuas transmisi yang aus juga bisa menjadi penyebab hal tersebut terjadi.

Baca juga: Jangan Modifikasi CVT Sebelum Masa Garansi Habis, Ada Resikonya

Bushing peredam tuas transmisi sudah aus sehingga getaran perpindahan gigi di tuas tidak teredam, ujarnya.

Dijelaskan, jika bushing peredam tuas transmisi sudah aus maka harus mengganti rakitan tuas transmisi, jika hanya mengganti bushing saja tidak bisa karena komponen tersebut sekring.

Bahkan, Muchlis juga menyatakan jika bushing peredam tuas transmisi sudah aus parah, maka getarannya akan tinggi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top