Jokowi Resmikan Kawasan Indonesia Islamic Financial Center di Jakarta

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo pada Selasa (17 September 2024) meresmikan Pusat Keuangan Syariah Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta Pusat.

Presiden Jokowi mengumumkan bahwa wilayah tersebut akan mendukung pengembangan ekonomi syariah dan mempromosikan produksi halal, fesyen Islami, pariwisata halal, dan industri makanan dan minuman.

Kata Jokowi pada acara pembukaan Selasa, “Pagi ini saya membuka halaman Pusat Keuangan Islam Indonesia di Jakarta dengan mengucapkan Bismillahhirrahmanirrahim.”

Baca juga: Relawan Jokowi Tegaskan Dukungan terhadap Ahmad Lutfi-Taj Yasin di Pilkada Jateng.

Kepala Negara menambahkan, Indonesia memiliki populasi umat Islam sebanyak 236 juta jiwa, sehingga kawasan akan memiliki peluang yang besar.

Dia menekankan pentingnya memastikan bahwa negara lain tidak menggunakan sumber daya ini.

“Jika ekosistem ekonomi syariah bisa kita perkuat, maka Indonesia bisa dan bisa menjadi pusat industri halal dunia dan pusat ekosistem halal dunia,” ujarnya.

Baca Juga: Kadin Geger, Arsjad Rasjid Kirim Surat Dukungan ke Jokowi

Presiden juga menekankan perlunya melatih unsur profesional dalam produksi halal.

Ia menunjukkan potensi besar di sektor syariah, khususnya di sektor keuangan.

Aset bank syariah meningkat 9,07% melampaui aset perbankan nasional sebesar 8,9%. Dana pihak ketiga (DPK) bank syariah juga tumbuh sebesar 10,41%, lebih tinggi dibandingkan bank nasional yang sebesar 8,43%.

Baca Juga: Jokowi Ajak Masyarakat Anggap Maulid Nabi Sebagai Inspirasi Sebarkan Perdamaian

Oleh karena itu, Jokowi menyebut Bank Syariah Indonesia (BSI), salah satu bank syariah terbesar pasca unifikasi, merupakan bagian penting dari ekosistem ekonomi syariah.

“Ia harus bergerak maju, harus memiliki manajemen modern, harus kompetitif, harus profesional, harus menjangkau pasar potensial kita yang berjumlah 236 juta umat Islam. Ia harus tumbuh sebagai sebuah gerakan.” Barometer perbankan syariah di Indonesia, kawasan ASEAN, dan dunia,” jelasnya. Simak kumpulan berita dan informasi terhangat kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https:// www .whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top