LG Ubah Haluan Bisnis, Tak Lagi Fokus ke Produk Peralatan Rumah Tangga

SEOUL, virprom.com – Perusahaan elektronik asal Korea Selatan LG Electronics mengumumkan perubahan strategi bisnisnya beberapa bulan lalu. 

LG yang awalnya dikenal sebagai pembuat peralatan rumah tangga, ingin menjadi “Smart Life Solutions Company” sebagai perusahaan yang menyediakan solusi kehidupan cerdas.

Untuk menunjukkan strategi bisnisnya, LG mengadakan acara “LG Global Media Tour” dan mengundang banyak media dari Asia, Amerika, dan Eropa. virprom.com Media menjadi salah satu peserta acara yang berlangsung pada 23-27 September tersebut. 

Menurut Lee Lee, LG Electronics Global Corporate Communications, pada acara tersebut LG akan menampilkan beberapa hal baru yang diklaim “lebih dari sekedar peralatan rumah tangga”.

Baca Juga: LG Pamerkan TV Transparan yang Hilang

“LG Electronics bertujuan untuk bertransformasi dari pemimpin pasar peralatan rumah tangga dan elektronik menjadi perusahaan yang menyediakan solusi smart living,” kata Lee di kantor pusat LG Twin Tower di Seoul, Korea Selatan, Senin (23/9/2024). )

“Kami telah memimpin industri ini selama hampir 70 tahun, dan kini kami bergerak ke arah yang baru – B2B, seperti HVAC (pemanas, ventilasi, dan pendingin udara), serta solusi pabrik cerdas,” lanjut Lee. 

Dalam kesempatan yang sama, Cecilius Dwi Tandio, Brand & CX MKT Part Leader PT LG Electronics Indonesia, mengatakan sekitar 30 jurnalis diundang dalam acara tersebut. Menurut Cecilius, acara ini menunjukkan fokus LG Electronics untuk beberapa tahun ke depan. 

Perubahan strategi ini awalnya diumumkan pada Maret lalu oleh CEO LG Electronics Jo Seong-jin. 

Dengan strategi ini, LG telah berevolusi dari produsen peralatan rumah tangga dengan bisnis B2C menjadi perusahaan yang menggarap produk dengan pendekatan dan platform B2B.

Strategi yang dikembangkan LG mencakup tiga elemen utama, yakni bisnis B2B, bisnis berbasis platform, dan kecerdasan buatan. 

Bisnis B2B mencakup komponen pengisian kendaraan listrik dan peralatan sistem pemanas atau HVAC.

Baca Juga: LG Gram Superslim 2024 Kenalkan Laptop Tipis dan Ringan

Kemudian aspek bisnis berbasis platform mencakup pengembangan sistem operasi WebOS, yang awalnya hanya tersedia di TV pintar LG, yang akan diperluas ke mobil pintar.

Sementara pada aspek kecerdasan buatan, LG tidak hanya berfokus pada evolusi teknologi AI, namun juga mendefinisikan AI sebagai teknologi yang dapat berempati terhadap kebutuhan pengguna. 

LG AI menyerukan kecerdasan kasih sayang dan berharap penerapan teknologi ini dapat membawa manfaat nyata bagi kehidupan penggunanya. 

Namun LG belum memberikan gambaran lebih detail bagaimana strategi bisnis tersebut akan diterapkan ke depannya. Ini akan terungkap di LG 2024 Global Media Tour dalam beberapa hari mendatang. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top