Apa Saja Gejala Hiperglikemia? Berikut 15 Daftarnya…

virprom.com – Hiperglikemia merupakan suatu kondisi kadar gula darah terlalu tinggi yang biasanya terjadi pada diabetes. Lalu apa saja gejala hiperglikemia?

Gejala hiperglikemia yang mungkin dirasakan antara lain sering buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan, bahkan setelah minum.

Untuk informasi lebih lanjut, perhatikan tanda-tanda hiperglikemia umum dan berat.

Baca juga: Apa yang Harus Anda Makan untuk Diabetes? Begini penjelasannya… Apa saja gejala hiperglikemia?

Ada sekitar 15 tanda hiperglikemia yang terbagi menjadi gejala dan gambaran umum bila kondisinya sudah parah. 

Berikut gejala umum hiperglikemia: Peningkatan kadar gula darah mencapai 300 mg/dL atau lebih. Rasa haus yang berlebihan karena ginjal membutuhkan banyak cairan untuk mengencerkan glukosa dan mengeluarkannya melalui lambung. Sering buang air kecil yang terjadi ketika ginjal berusaha membuang terlalu banyak gula dalam darah. Meningkatnya rasa lapar karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi utama akibat resistensi insulin Penglihatan kabur karena cairan di sekitarnya. Organ mata juga berperan dalam pengaturan gula darah. Merasa lelah atau letih berlebihan, terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat karena energi dalam sel tubuh tidak mencukupi. Infeksi ringan akibat sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik akibat kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh kelebihan kadar gula darah yang diperlukan untuk mempertahankan ereksi, seperti kulit kering, gatal-gatal, dan penyembuhan luka tebal seperti beludru di lipatan atau lengkung. tubuh, misalnya gangguan mood, perasaan marah dan sedih.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Hiperglikemia Bagi Penderita Diabetes

  Gejala hipoglikemia yang parah

Penderita diabetes yang mengalami hiperglikemia jangka panjang atau gula darahnya terlalu tinggi mungkin mengalami gejala serius yang memerlukan perhatian medis segera.

Berikut gejala serius hiperglikemia: Sakit perut akibat kerusakan saraf lambung atau karena pengosongan lambung yang tertunda Penurunan berat badan secara tiba-tiba Kerusakan saraf pada bagian tepi (neuropati perifer) yang ditandai dengan peradangan, mati rasa, dan nyeri pada tungkai, lengan, atau tungkai. Sindrom Hiperglikemik Nonketotik Hiperosmolar (HHNK) menyebabkan koma ketoasidosis Diabetes ditandai dengan pernapasan cepat dan dalam, mulut kering, napas berbau buah-buahan, nyeri dan kaku otot, sakit kepala, mual, muntah, dan nyeri perut.

Jika hiperglikemia tidak segera ditangani, dapat menimbulkan masalah serius bagi penderita diabetes.

Komplikasi hiperglikemia antara lain masalah ginjal, gangguan penglihatan, gangguan saraf yang menyebabkan cedera dan kerusakan, serta penyakit kardiovaskular.

Untuk itu, bagi penderita hiperglikemia, disarankan untuk menjalani pengobatan insulin atau mengonsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter.

Baca juga: Berapa Gula Darah Normal? Begini penjelasannya… dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top