Ini Alasan Bata Merah Harus Direndam Sebelum Dipasang

Jakarta, virprom.com – Tahukah Anda bahwa bata merah perlu disembunyikan sebelum pemasangan?

Anggota Dewan Pembina Ikatan Profesi Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamata menjelaskan, hal itu dilakukan agar bata merah jenuh air sehingga tidak menyerap air dari semen.

Selain itu, batu bata merah juga dicuci untuk membersihkannya dari kotoran.

“Semen, pasir, dan air disebut senyawa mortar yang digunakan untuk menyambung bata merah,” kata Davey kepada virprom.com beberapa waktu lalu.

Jika air terserap ke dalam bata merah, maka reaksi pengikatan semen tidak dapat berjalan sempurna. Ini mengurangi kekuatan mortar.

Namun, bata merah tidak boleh terlalu basah, karena mortarnya tidak akan menempel dengan baik.

Baca juga: Kenapa Rumah Bau Tak Sedap Setelah Liburan?

Batu bata merah harus diletakkan dengan baik. Caranya adalah dengan menyembunyikan kepala merah di beberapa bagian berbeda dalam jangka waktu berbeda.

Kemudian, bata merah dibelah untuk mengetahui tingkat penetrasi air. Jika seluruh penampang tampak basah seperti yang ditunjukkan oleh perubahan warna, penyembunyian sudah cukup dan tidak diperlukan penyembunyian lebih lanjut.

“Kalau direndam terlalu lama, batu batanya jadi lemah,” tambah Davey.

Penting untuk diingat bahwa peletakan batu bata merah pun harus menunggu sampai tidak ada lagi air di permukaan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top