Pentingnya Mengganti Oli Kendaraan Secara Teratur

Jakarta, virprom.com – Baik itu mobil maupun sepeda motor, sudah menjadi kewajiban setiap pemilik untuk merawat kendaraannya agar tetap terjaga performanya dan tetap memberikan performa prima.

Salah satu bagian terpenting dalam perawatan mobil adalah mengganti oli mobil secara rutin. Menunda atau bahkan tidak mengganti oli dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin mobil Anda.

Fungsi oli pada kendaraan adalah sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan, melapisi bagian-bagian, membersihkan sisa pembakaran, meredam panas, mencegah karat, dan meredam getaran.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Ganti Oli Mesin Mobil Agar Terhindar dari Lumpur?

Imran Rayzi, General Manager PT Nippon Oil Indonesia, produsen dan distributor produk oli ENEOS, mengatakan penggantian oli merupakan hal yang wajib dilakukan.

Pemberian pelumasan pada mesin setiap kendaraan sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengan performa dan kinerja kendaraan itu sendiri, kata Imran dalam keterangan resmi, Sabtu (24 Agustus 2024).

Imran mengatakan, interval penggantian oli yang dianjurkan adalah 5.000 hingga 10.000 kilometer untuk mobil penumpang dan 3.000 hingga 4.000 kilometer untuk sepeda motor (tergantung pemakaian).

Baca juga: Sering mengganti merek oli mesin bisa berdampak buruk

Menurut Imran, selain rutin mengganti oli, pemilihan kualitas dan spesifikasi juga penting untuk menjaga performa terbaik kendaraan Anda.

“Tidak bisa sembarangan memilih! Jika memilih satu oli saja dan kualitasnya tidak bagus atau tidak cocok untuk kendaraan Anda, maka akan merusak mesin dan menurunkan performa kendaraan Anda,” kata Imran.

Imran mengatakan, penting untuk mengatur tingkat kekentalan oli pada setiap jenis kendaraan dan biasanya direkomendasikan dalam buku manual kendaraan.

Baca juga: Ketahui Tanda-tanda Oli Mesin Mobil Anda Menjadi Lumpur

“Mobil baru membutuhkan konsistensi yang lebih cair seperti 0W-20, sedangkan mobil lama membutuhkan yang lebih tebal seperti 20W-50, 10W-40,” kata Imran.

Imran mengatakan, pabrikan saat ini sedang berlomba-lomba memperkenalkan kendaraan berteknologi baru. Oleh karena itu, penting untuk memilih oli kendaraan yang berkualitas, karena kualitasnya harus seimbang dengan kebutuhan kendaraan.

ENEOS menawarkan pelumas berkualitas tinggi yang disesuaikan untuk mobil dan sepeda motor Jepang di Indonesia dalam berbagai pilihan kekentalan, mulai dari oli untuk kendaraan tua hingga kendaraan hybrid dan turbo, diesel, dan bensin.

Baca juga: Inilah Penyebab Oli Mesin Menjadi Lumpur

Tahun ini, ENEOS meluncurkan produk oli mobil terbarunya, seri ENEOS X, yang diperkaya dengan tambahan titanium baru, yang pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi aditif terkini.

Aditif titanium diklaim dapat melindungi komponen terkecil di dalam mesin, meminimalkan getaran mesin, dan memberikan pengalaman berkendara yang benar-benar nyaman.

“Oli ENEOS diproduksi dengan teknologi canggih menggunakan oli dasar dan bahan aditif yang dipilih secara cermat yang memenuhi harapan setiap pemilik kendaraan untuk memastikan kinerja kendaraannya yang terbaik” kata Imran. Dengarkan berita terkini dan cerita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top