Orangtua Teroris Berusia 19 Tahun di Batu Dipulangkan, Tak Terafiliasi ISIS

JAKARTA, virprom.com – Pasukan Khusus Anti Terorisme (Denzus) 88 (AT) Polri telah memulangkan orang tua HOK, tersangka terorisme yang ditangkap di Batu, Jawa Timur.

Kepala Bagian Perencanaan dan Tata Usaha (Kabag Renmin) Densus 88 AT Polri Combes Aswin Siregar mengatakan, orang tua HOK tidak ada kaitannya dengan rencana aksi teroris yang akan dilakukan HOK.

“Beberapa orang sudah diperiksa terkait penangkapan HOK. Mereka semua dipulangkan, jadi tidak terlibat tindak pidana,” kata Aswin dalam konferensi pers di Polri di Jakarta, Senin. /2024).

“Di antara yang dipulangkan adalah orang tuanya,” ujarnya.

Baca juga: Densus 88: Terduga Teror Batu Ditangkap Saat Mencoba Buang Bahan Kimia Pembuat Bom

Selain itu, orang tua HOK tidak berafiliasi dengan ISIS atau simpatisan ISIS.

Aswin mengatakan, orang tua HOK sebelumnya telah ditahan penyidik ​​untuk dimintai keterangan mengenai anaknya.

Orang tua HOK ditangkap tak lama setelah pelajar berusia 19 tahun itu ditangkap pada 31 Juli 2024 di Kabupaten Batu, Jawa Timur.

Menurut Aswin, orang tua HOK ditangkap saat berada di dalam kereta api di wilayah Solo. Mereka seharusnya melakukan perjalanan dari Malang ke Jakarta saat itu.

Saat itu dia ditangkap di Solo saat dalam perjalanan dari Malang menuju Jakarta dengan kereta api karena orang tuanya bekerja di Jakarta, ujarnya.

Aswin juga membantah orang tua HOK membawa bom saat bepergian dengan kereta api.

“Kami tidak membawa barang apa pun, jadi tidak ada, atau tidak benar ada bahan peledak atau bom yang dibawa saat perjalanan di dalam kereta,” kata Aswin.

Baca juga: Orang Tua Tersangka Teror Batu Ditahan di Kereta, Polisi: Tidak Ada Bom yang Diangkut

Dalam kasus ini, penyidik ​​menetapkan satu tersangka yakni HOK yang memiliki hubungan dengan ISIS atau bukan simpatisan ISIS.

HOK diduga terlibat tindak pidana teroris karena berniat bunuh diri. HOK malah membuat bom di kamarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top