Bagaimana Mencegah Kehamilan Jika Sperma Terlanjur Masuk?

virprom.com – Sperma yang masuk ke dalam vagina bisa meningkatkan peluang kehamilan. Namun, bagaimana cara mencegah kehamilan jika sperma sudah masuk?

Anda bisa menggunakan kontrasepsi darurat dalam waktu lima hari setelah berhubungan untuk mencegah kehamilan hingga 95 persen.

Ada dua jenis kontrasepsi darurat yang bisa digunakan, yaitu pil dan IUD Copper-T.

Untuk lebih jelasnya, pelajari berbagai jenis kontrasepsi darurat yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan di bawah ini.

Baca juga: Kalau Ejakulasi Sedikit, Bisakah Hamil? Berikut detailnya… Bagaimana cara mencegah kehamilan jika sperma sudah masuk?

Satu-satunya cara mencegah kehamilan jika sperma sudah masuk adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi darurat, seperti IUD Copper-T dan pil.

Meski tidak memberikan jaminan 100 persen kehamilan bisa dicegah, namun penggunaan kontrasepsi darurat dapat menurunkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

Faktanya, penggunaan kontrasepsi darurat dalam waktu lima hari setelah berhubungan intim dapat menurunkan kemungkinan hamil hingga 95 persen.

Baca juga: Apa Akibat Berhubungan Intim? Berikut 6 daftar…

Dari Health and Healthline, berikut beberapa jenis kontrasepsi darurat yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. Pagi setelah pil

Pil pencegah kehamilan merupakan produk hormonal yang dapat digunakan untuk kontrasepsi darurat.

Penggunaan pil ini dapat mencegah ovulasi dan kesuburan jika digunakan dalam waktu tiga hari setelah berhubungan intim tanpa menggunakan kondom.

Namun penggunaan pil ini dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti sakit perut, perubahan siklus menstruasi, sakit kepala, kelelahan, mual atau muntah, dan nyeri payudara.

Agar efektif, Anda perlu meminum obat ini lagi jika Anda muntah dalam waktu dua jam setelah meminumnya. Ulipristal asetat (ella)

Ulipristal asetat (ella) bekerja dengan cara yang sama seperti pil kontrasepsi darurat, yaitu mencegah ovulasi dan penebalan dinding rahim.

Namun, ella paling efektif bila digunakan dalam waktu lima hari setelah berhubungan intim.

Efek samping yang akan muncul setelah penggunaan obat ini adalah mual, lelah, sakit kepala, dan pusing.

Baca juga: Apakah Hubungan Intim Sehat Setiap Hari? Berikut definisinya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top