Ringankan Beban Bank, Jokowi Minta Relaksasi Restrukturisasi Kredit Diperpanjang hingga 2025

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo meminta perpanjangan keringanan pemulihan pinjaman terdampak Covid hingga 19 2025.

Kebijakan ini awalnya diyakini akan berakhir pada Maret 2024, dan mulai berlaku pada Maret 2020 karena pandemi Covid-19.

“Presiden telah memerintahkan agar pinjaman pelunasan utang akibat Covid-19 ini akan habis masa berlakunya pada Maret 2024. Oleh karena itu diusulkan OJK melalui KSSK dan Gubernur BI untuk ditunda hingga tahun 2025,” kata Menko Perekonomian. perekonomian Airlangga. Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Batavia Pusat, Senin (24/6/2024).

Menperin mengatakan perpanjangan kelonggaran diperlukan agar perbankan tidak terbebani kerugian akibat pembayaran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga: Willy Aditya Ungkap Hubungan Jokowi dan Surya Paloh: Mereka Berteman Lagi Usai Pilkada…

Dengan bantuan rekonstruksi, pinjaman dapat ditempatkan sesuai dengan yang ada saat ini.

Namun, tanpa bantuan, pinjaman dengan status pembayaran lancar bisa saja tergolong non-performing loan (NPL). Hal ini juga memberikan beban pada bank, yang harus menyimpan lebih banyak makanan untuk kerugian.

“Ini (memperpanjang libur) akan mengurangi dukungan perbankan akibat kerugian KUR (Kredit Usaha Rakyat),” jelas Airlangga.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, nilai sisa restorasi sebesar Rp228,2 triliun atau 3,14 persen dari total pinjaman hingga Maret 2024.

Jumlah tersebut menurun dibandingkan Rp830 triliun pada Oktober 2020.

Baca juga: Jokowi Soroti Kesehatan dan Pendidikan Indonesia yang Dianggap Masih Lemah dengan Peningkatan Daya Saing

Sedangkan pada Maret 2024, Bank at Risk (LaR) (NPL+Kol 2+Restru Kol 1) sebesar 11,10 persen. Jumlah tersebut mengalami penurunan mendekati angka sebelum pandemi, yakni pada kisaran 9-10 persen.

Secara umum peningkatan NPL telah dimitigasi dengan pembentukan penyisihan pengurangan kerugian (CKPN) sehingga tidak berdampak signifikan terhadap permodalan bank. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top