Indonesia-Africa Forum, Jokowi Singgung 4 Tantangan Global

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti empat aspek kunci dalam upaya mewujudkan pembangunan yang lebih berkeadilan dan inklusif, khususnya Forum Kemitraan Multipartai Tingkat Tinggi (HLF-MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2.

“Kita memerlukan visi baru, strategi baru, dan langkah-langkah taktis baru untuk mencapai pertumbuhan yang lebih adil dan inklusif bagi negara-negara berkembang. Oleh karena itu saya ingin menekankan empat poin utama,” kata Jokowi saat membuka acara di Bali, Nusa Dua pada Senin (2) /9/2024), Dikutip dari siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden.

Pertama, Jokowi menekankan bahwa tujuan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) harus menjadi fokus utama dalam pembangunan global.

“Hal ini harus disesuaikan dengan prioritas pembangunan nasional dan regional, termasuk Agenda Afrika 2063, dan didukung oleh kemitraan multipihak,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Ucapkan Selamat kepada Atlet Bosia Indonesia yang Meraih Medali Paralimpiade 2024

Kedua, Jokowi menegaskan agar Indonesia menjadi bagian dari solusi global dan memperjuangkan kepentingan negara-negara Selatan.

Ia menambahkan, Indonesia akan berperan sebagai penghubung dalam mendorong kesetaraan, keadilan, dan solidaritas untuk mempercepat pencapaian SDGs.

Komitmen ini terus kita pegang sejak KTT Asia-Afrika 69 tahun lalu.

Ketiga, Jokowi menekankan kesiapan Indonesia untuk berperan penting dalam agenda pembangunan global bersama berbagai pihak, khususnya kawasan Afrika.

Ia juga menyoroti keberhasilan kemitraan Indonesia-Afrika yang disebut-sebut telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam volume perdagangan dan berbagai perjanjian komersial.

“Tahun ini Indonesia-Africa Forum mencatat transaksi bisnis senilai US$3,5 miliar, hampir enam kali lipat dibandingkan transaksi IAF pertama pada tahun 2018,” kata Jokowi.

Baca juga: Forum Indonesia-Afrika 2024 Capai Kesepakatan Dagang USD 3,5 Miliar, Kata Jokowi

Keempat, Jokowi menyerukan pembaruan solidaritas global untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan dan meningkatkan kerja sama Utara-Selatan.

“Dengan semangat yang sama, Indonesia akan menjadi tuan rumah Festival Platinum KTT Asia-Afrika tahun depan untuk merayakan 70 tahun KTT Asia-Afrika,” kata mantan Wali Kota Solo itu.

Dengarkan berita penting dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top