Mengapa Motor Listrik Tetap Dibekali Aki meski Sudah Ada Baterai?

JAKARTA, virprom.com – Sepeda motor listrik menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Meski baterainya lebih besar, beberapa sepeda motor listrik masih terpasang baterainya.

Baterai disebut juga baterai. Tugasnya menyimpan energi atau tegangan untuk menghidupkan beberapa komponen kelistrikan kendaraan.

Baca Juga: Aki Motor Mati Boros Bahan Bakar?

Personel dan Pengembangan Teknis Endro Sutarno dari SiTEPAT (jaringan waralaba ban sepeda motor, oli dan baterai), misalnya, mengatakan sepeda motor listrik PCX Electric juga dilengkapi dengan baterai atau aki berukuran kecil.

“Kalau PCX Electric, semuanya berasal dari aki kecil atau aki. Akinya diisi aki besar. Aki itu sumber listriknya lampu, klakson, dan sebagainya,” kata Endro saat dihubungi virprom.com baru-baru ini. .

“Jadi tegangannya lebih konstan.. Tegangan DC (arus searah) memang konstan. Tapi di motor listrik normal ada inverter untuk menurunkan tegangannya. Tapi biasanya tidak konstan seperti baterai.”

Baca Juga: Gampang, Ini Langkah Cek Status Aki Motor dengan Lampu Indikator

Meski tegangannya tidak konstan, namun bisa dikatakan sepeda motor listrik lain yang tidak menggunakan baterai memerlukan perawatan yang lebih sedikit. Karena baterai biasanya hanya bertahan beberapa tahun saja.

Hal ini mengurangi biaya perawatan saat mengganti komponen baterai. Untuk aki sepeda motor, kisaran harganya sangat bervariasi, ada yang mulai dari jutaan rupee hingga jutaan rupee. Tergantung jenis atau kapasitas baterainya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top