Cara Mengerem Motor Matik yang Benar agar Tidak Blong

SOLO, virprom.com – Rem blong pada sepeda motor biasa terjadi saat menuruni tanjakan, hal ini tentunya merupakan masalah yang serius dan beresiko tinggi.

Saat sepeda motor matic turun, beban pada sistem rem menjadi sangat meningkat sehingga dapat menyebabkan pengereman menjadi buruk dan kehilangan kendali sehingga membahayakan keselamatan.

Menurut Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Vahana, ada cara menghentikan sepeda motor yang sebaiknya dilakukan saat menuruni jalan menurun, agar rem tidak blong.

Baca Juga: Pahami Bahaya Parkir Pinggir Jalan

Pertama, pelan-pelan saat berkendara di jalan raya. Kedua, gunakan rem depan dan belakang berlawanan arah agar ban dan cakram rem tidak panas dan menyebabkan rem blong, kata Agus, kepada virprom.com, Aso, Jumat. (16/8/2024).

Agus juga mengatakan pengendara harus konsentrasi dan menjaga keseimbangan agar sepeda motor tidak terjatuh.

Ketiga, fokuskan pandangan ke depan dan seimbangkan sepeda motor agar tidak terjatuh, kata Agus.

Baca Juga: Viral Video Sopir Bus Menolak Menabrak Jalan Raya

Agus juga mengatakan, gas sepeda motor tidak perlu dibiarkan menyala karena jika tidak ada bensin maka sepeda motor akan terjatuh.

Meski begitu, matikan sepeda motor atau matikan mesin, jika hilang buka gas sedikit dengan kecepatan lambat, kata Agus. Dengarkan berita terbaru langsung ke ponsel Anda dengan pilihan berita kami. Pilih berita favorit Anda untuk mendapatkan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top