Segudang Manfaat Bendungan Kering

JAKARTA, virprom.com – Dalam sepuluh tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah membangun bendungan di berbagai wilayah.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan air baku masyarakat sekitar, mengairi lahan pertanian dan sebagai pembangkit listrik.

Namun ada jenis bendungan yang tidak terisi air seluruhnya, terutama pada musim kemarau. Jadi ketika Anda melihatnya, itu terlihat seperti struktur yang sempurna.

Baca juga: Tahun depan pemerintah akan melanjutkan pembangunan Bendungan Apu Maluku

Padahal, bendungan yang disebut bendungan kering ini dirancang khusus untuk menahan banjir.

Oleh karena itu, pada musim kemarau, Anda bisa melihat bendungan kering ini. Bendungan baru bisa digunakan saat musim hujan.

Berdasarkan laman Instagram Kementerian PUPR, bendungan kering ini bekerja dengan cara menutup pintu bendungan hingga bendungan terisi penuh air sesuai kapasitasnya.

Jika sudah penuh, air bendungan dikeluarkan secara terkendali untuk mencegah banjir tergantung kondisi sungai.

Pelepasan air akan disesuaikan hingga bendungan kembali kering dan digunakan untuk menampung air hujan untuk musim berikutnya.

Baca juga: Desember 2025, Bendungan Sukamahi Akan Ada Jembatan Kaca

Terdapat 2 bendungan kering di Indonesia, Bendungan Siavi (Jawa Barat) dan Bendungan Sukamahi (Jawa Barat).

  Dengarkan berita terbaru kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top