Kepala BNPT Serukan Perubahan Struktur Organisasi agar Sesuai dengan UU Penanggulangan Terorisme 

virprom.com – Direktur Jenderal Komisi Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) (Comgen Pol) Kompol Ricco Amerza Darnielle menekankan pentingnya pembenahan struktur organisasi dan kerangka operasional (SOTK) BNPT.

Menurut dia, perubahan tersebut mendesak untuk menyelaraskan BNPT dengan kewajiban Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Terorisme.

“Banyak hal yang serba salah, antara lain pengangkatan kelompok, berbagai fungsi dan kegiatan, serta anggaran yang masih belum sesuai dengan undang-undang anti-terorisme yang baru,” demikian bunyi siaran pers yang diterima virprom.com, Rabu (21/8/2024). ).

Baca juga: Komisi II akan membahas putusan MK dengan KPU pekan depan

Hal itu disampaikan Pak Ricco saat Rapat Kerja Komite III DPR RI dengan BNPT, Selasa (20 Agustus 2024) di Gedung DPR RI, Jakarta.

Ia juga mengatakan, karena tidak disetujuinya sistem SOTK yang baru, banyak kementerian seperti Pusat Komando, Pusat Pengawasan, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), serta Pendidikan dan Pelatihan (Pusdikrat) tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya tekankan itu.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komite III DPR RI Arteria Dahlan menyatakan dukungan penuhnya untuk mempercepat pengesahan SOTK baru BNPT.

Baca juga: Bali Utara Perlu Akselerasi Tarik Wisatawan, Jalannya Akan Dibangun

“Tidak perlu membahas bagaimana nasib BNPT ke depan, yang penting SOTK segera diperkenalkan,” ujarnya.

Altelia menambahkan, keberadaan SOTK baru dapat mempercepat kegiatan BNPT pada aspek-aspek penting pelaksanaannya.

Solusinya SOTK harus segera diselesaikan, ujarnya.

Selain pembahasan SOTK, Pak Rycko juga melaporkan kinerja BNPT dalam memperoleh opini kurang baik (WTP) selama 11 kali berturut-turut atas hasil pemeriksaan pelaporan keuangan tahun anggaran 2023. Nikmati langsung berita-berita pilihan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top