Dokter Berikan Tips agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan dan GTM

virprom.com – Orang tua sebaiknya mengenalkan pola makan yang bervariasi sejak dini untuk mencegah kebiasaan pilih-pilih makan.

Cara utamanya adalah dengan mengenalkan makanan yang berbeda sejak awal MPASI, menetapkan aturan pemberian makanan pada anak dan memberikan makanan yang sesuai, kata dokter spesialis anak Fitria Mahrunisa, seperti ditulis Antara beberapa waktu lalu.

Fitria mengatakan, mulai dari pengenalan makanan pendamping ASI (MPASI) hingga penerapan pedoman pola makan dan pengenalan pilihan makanan, anak dapat dibiasakan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi.

“Anak dapat diberikan makanan berkalori seperti dendeng, daging, hash brown telur, dan puding keju susu jagung. Perhatikan tekstur MPASI anak seiring bertambahnya usia. Keterlambatan peningkatan tekstur dapat menyebabkan GTM (gag motion) pada anak.” – kata Fitria.

Baca Juga: Diet untuk Mengurangi Risiko Alzheimer

Ia mengatakan, kebiasaan hanya memilih makanan pilihan biasanya berkembang ketika anak berusia sekitar satu tahun dan sudah merasa mandiri.

Jika anak sudah mempunyai kebiasaan memilih makanan, orang tua dapat memantapkan kembali kebiasaan makan anak dengan mencampurkan makanan favoritnya dengan jenis makanan lain.

Fitria mengatakan, anak-anak sebaiknya dikenalkan dengan berbagai sumber karbohidrat selain nasi, seperti kentang dan jagung, agar tidak bosan.

Upaya memperkenalkan jenis pangan baru membutuhkan waktu. Anak-anak yang awalnya menolak jenis makanan baru mungkin akan menerimanya setelah 10-12 kali menyusu.

Baca Juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Jajan Setiap Malam?

Menurut Fitria, orang tua juga bisa mencoba mengubah rasa, tekstur, dan bentuk makanan agar anak bisa menerimanya secara bertahap.

Misalnya, anak yang suka buah-buahan bisa memadukan makanan dengan sensasi buah-buahan seperti ketan mangga dan ayam nanas, ujarnya.

Selain itu, kata dia, orang tua juga dapat menyediakan lingkungan makan yang menyenangkan dan menu yang bervariasi untuk mengajarkan anak mengonsumsi makanan yang bervariasi agar tidak sembarangan memilih. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top