Psikolog Jelaskan Cara Membangun Hubungan Positif Orangtua dan Anak

virprom.com – Psikolog Endang Retno Vardan, MBA., PhD., CHt., mengatakan komunikasi menjadi faktor kunci dalam upaya menciptakan hubungan positif antara orang tua dan anak.

“Komunikasi menjadi jembatan antara orang tua dan anak dalam membangun hubungan yang positif,” kata Endang Retno Vardhan yang biasa disapa Dan, dilansir Antara.

Psikolog jebolan Universitas Pajajaran ini mengatakan, kepribadian anak dan cara menghadapi masalahnya dipengaruhi oleh kebiasaan yang ditanamkan orang tuanya sejak dini.

“Kebiasaannya mendengarkan anak-anak Dan melakukan percakapan terbuka dapat membantu anak-anak. Ada pengalaman positif dalam berekspresi,” kata Dani yang juga anggota Asosiasi Profesi Produsen Indonesia (APPRODI).

Dani mencatat, penting bagi orang tua untuk menjalin komunikasi positif dengan anak. agar mereka bisa saling memahami

Menurutnya, potensi konflik akibat perbedaan pendapat dalam sebuah keluarga dapat dikurangi jika kebiasaan komunikasi positif dibentuk sejak dini.

“Berbeda pendapat sangat mungkin terjadi. Namun kebiasaan berbicara terbuka dan saling mendengarkan dapat mengatasi permasalahan tersebut,” ujarnya.

Jika kebiasaan komunikasi positif dikembangkan Orang tua dan anak juga akan mau saling mendengarkan dan melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda sehingga bisa saling menghormati.

“Kunci untuk menciptakan komunikasi yang responsif adalah dengan menciptakan kebiasaan sedini mungkin untuk berkomunikasi secara terbuka dengan anak, saling berbincang dan mendengarkan cerita, sudut pandang, atau pengalaman yang berbeda dari orang tua,” kata Dani.

Menurutnya, perbedaan pendapat antar anggota keluarga tidak akan menjadi masalah jika masing-masing anggota keluarga mau berbicara dan mendengarkan penjelasan satu sama lain.

“Sebenarnya pendapat keluarga tidak menjadi masalah. Namun penting untuk mengembangkan keterbukaan untuk memahami satu sama lain. Oleh karena itu, perlu dikembangkan kebiasaan memecahkan masalah. Terutama menyelesaikan masalah melalui komunikasi,” jelasnya. Dengarkan berita dan picks kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top